11 Tahun sebagai Daerah Otonom, Bolsel Tuai Berbagai Prestasi

Foto Humas Bolsel

BOLSEL, IDM –  Sebelas tahun berdiri sebagai daerah otonom baru, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), telah menuai berbagai prestasi baik di tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), maupun nasional

Torehan keberhasilan tersebut, telah membawa dan menempatkan Bolsel sejajar dengan daerah-daerah yang lebih dulu maju. Bahkan kerap,  daerah yang terkenal dengan visi religiusnya itu, berhasil menempati posisi pertama se- bumi nyiur melambai dalam hal prestasi LPPD dan beberapa capaian lainnya, dan sepuluh besar di tingkat nasional.

Dengan bangga pencapaian tersebut disampaikan Bupati Iskandar Kamaru S Pt, dalam momentum HUT Bolsel ke-11, Senin (22/07/2019).

“Terima kasih atas kerjasama dari semua pihak, yang secara bersama-sama telah mengangkat daerah ini menjadi lebih baik. Juga terima kasih tak terhingga disampaikan kepada para pejuang pemekaran, khususnya Bupati Guhanga Hi Herson Mayulu SIP, yang telah meletakkan pondasi awal pembangunan daerah yang kita cintai ini. Insya Allah Bolsel akan terus berprestasi,” tutur Kamaru.

Berikut diantara  prestasi yang berhasil ditorehkan Kabupaten Bolsel :

  1. Pengelolaan Keuangan Daerah yang memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dalam lima tahun terakhir, yakni 2014 sampai 2018.
  2. Penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, atas upaya membina dan mengembangkan Kabupaten Bolsel menjadi daerah yang peduli atas Hak Asasi Manusia (HAM), tahun 2015 dan 2017.
  3. Penghargaan dari Gubernur Sulawesi Utara atas kepatuhan dalam implementasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Aparat Desa Tahun 2019.
  4. Penghargaan dari BPJS Kesehatan sebagai pemerintah daerah terbaik penyetoran iuran wajib triwulan II Tahun 2019, wilayah Kantor Cabang Tondano Tahun 2019.
  5. Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN, atas komitmen kepemimpinan dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera tahun 2019.
  6. Penghargaan terbaik satu, atas penyaluran DAK dan Dana Desa se-Provinsi Sulawesi Utara.
  7. Peringkat I Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) se- Provinsi Sulut.
  8. Dalam rangka progres tindak lanjut Rencana Aksi Pencegahan Anti Korupsi tingkat Nasional yang dilakukan oleh Kopsurgah, Kabupaten Bolsel berada pada peringkat teratas.
  9. Penghargaan Kepala Daerah Inovatif Tahun 2018.
  10. Penghargaan Unviersa Health Coverage (UHC), Award atas pemenuhan 95 persen masyarakat dalam Program JKN-KIS, yang diserahkan oleh Mengeri Dalam Negeri RI.
  11. Penghargaan dari Kementerian Kesehatan terkait capaian Imunisasi Measles Rubela (MR) mencapai 95 persen.
  12. Capaian Pembangunan di Bidang Pendidikan, dengan tersedianya sarana olahraga dan taman, angka melek huruf mencapai 98 persen.
  13. Bolsel juga merupakan daerah yang paling aktif dalam program pengentasan kemiskinan, sesuai dengan Visi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut (ODSK – Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan), yakni telah dibangunnya Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH), bagi lansia dan fakir miskin, sejak tahun 2016 sampai 2019 ini 435 uni, yang dianggarkan melalui APBD di Dinas Sosial dan Dinas Pekerjaan umum Kabupaten Bolsel.
  14. Berkaitan dengan sektor pariwisata, Bolsel sebagai salah satu daerah tujuan wisata. Salah satu yang memiliki daya tarik dan sedang dikembangkan yakni Bolsel Under Water Destination.
  15. Sebagai Komitmen pemerintah daerah mewujudkan Visi Kabupaten Bolsel  sebagai daerah yang berbudaya, maka pada momen HUT ke- 11 ini, dilaunching buku Napak Tilas Sejarah Kerajaan dan Raja-Raja Bolango. Tidak hanya itu, tahun depan, akan dianggarkan melalui Dinas Pariwisata untuk perencanaan pembangunan Museum dan Istana Kerajaan Bolango.
BACA JUGA :  Kamaru Hadiri Acara Fun Walk Olly pe Tamang

 

Cipto Mokodompit