14 Alasan Mengapa Anda Selalu Lapar

14 Alasan Mengapa Anda Selalu Lapar (pixabay-PublicDomainPictures)

INDO MEDIA – Kelaparan adalah isyarat alami tubuh Anda bahwa ia membutuhkan lebih banyak makanan.

Saat Anda lapar, perut Anda mungkin “menggeram” dan merasa kosong, atau Anda mungkin mengalami sakit kepala, merasa mudah tersinggung, atau tidak dapat berkonsentrasi.

Kebanyakan orang dapat pergi beberapa jam di antara waktu makan sebelum merasa lapar lagi, meskipun ini tidak berlaku untuk semua orang.

Ada beberapa kemungkinan penjelasan untuk ini, termasuk diet yang kekurangan protein, lemak, atau serat, serta stres atau dehidrasi yang berlebihan.

Artikel ini membahas 14 alasan rasa lapar yang berlebihan.

  1. Anda tidak makan cukup protein

Dilansir dari healthline.com, mengkonsumsi protein yang cukup penting untuk mengendalikan nafsu makan.

Protein memiliki sifat pengurang rasa lapar yang dapat membantu Anda secara otomatis mengonsumsi lebih sedikit kalori di siang hari.

Ia bekerja dengan meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang dan mengurangi kadar hormon yang merangsang rasa lapar.

Karena efek ini, Anda mungkin sering merasa lapar jika Anda tidak mengonsumsi cukup protein.

Dalam sebuah penelitian, 14 pria dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi 25 persen kalori dari protein selama 12 minggu mengalami penurunan 50 persen dalam keinginan mereka untuk ngemil larut malam, dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi lebih sedikit protein.

Selain itu, mereka yang memiliki asupan protein lebih tinggi melaporkan rasa kenyang yang lebih besar sepanjang hari dan lebih sedikit pikiran obsesif tentang makanan.

BACA JUGA :  Jadwal, Sesi dan Lokasi Ujian SKD CPNS di Wilayah Provinsi Sulut, Cek Disini!

Banyak makanan berbeda yang tinggi protein, jadi tidak sulit untuk mencukupinya melalui diet Anda. Memasukkan sumber protein dalam setiap makanan dapat membantu mencegah rasa lapar yang berlebihan.

Produk hewani, seperti daging, unggas, ikan, dan telur, mengandung protein dalam jumlah tinggi.

Nutrisi ini juga ditemukan di beberapa produk susu, termasuk susu dan yogurt, serta beberapa makanan nabati seperti kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian.

2. Kamu kurang tidur

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan Anda.

Tidur diperlukan untuk berfungsinya otak dan sistem kekebalan Anda, dan tidur yang cukup dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker

Selain itu, tidur yang cukup merupakan faktor dalam mengendalikan nafsu makan, karena membantu mengatur ghrelin, hormon perangsang nafsu makan. Kurang tidur menyebabkan tingkat ghrelin yang lebih tinggi, itulah sebabnya Anda mungkin merasa lebih lapar saat kurang tidur.

Dalam sebuah penelitian, 15 orang yang kurang tidur hanya untuk 1 malam dilaporkan secara signifikan lebih lapar dan memilih ukuran porsi 14% lebih besar, dibandingkan dengan kelompok yang tidur selama 8 jam.

Tidur yang cukup juga membantu memastikan kadar leptin yang memadai, hormon yang meningkatkan perasaan kenyang.

Untuk menjaga tingkat rasa lapar Anda terkelola dengan baik, biasanya disarankan untuk tidur setidaknya 8 jam setiap malam.