14 Alasan Mengapa Anda Selalu Lapar

14 Alasan Mengapa Anda Selalu Lapar (pixabay-PublicDomainPictures)

11. Anda terlalu stres

Stres yang berlebihan diketahui dapat meningkatkan nafsu makan.

Ini sebagian besar karena efeknya pada peningkatan kadar kortisol, hormon yang telah terbukti meningkatkan rasa lapar dan mengidam makanan. Untuk alasan ini, Anda mungkin merasa selalu lapar jika Anda sering mengalami stress.

Dalam sebuah penelitian, 59 wanita yang terpapar stres mengonsumsi lebih banyak kalori sepanjang hari dan makan makanan yang jauh lebih manis daripada wanita yang tidak stres .

Studi lain membandingkan kebiasaan makan 350 gadis muda. Mereka yang memiliki tingkat stres yang lebih tinggi lebih mungkin untuk makan berlebihan daripada mereka yang memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Gadis-gadis dengan tingkat stres tinggi juga melaporkan asupan makanan ringan rendah nutrisi yang lebih tinggi seperti keripik dan kue .

Banyak strategi dapat membantu Anda mengurangi tingkat stres Anda. Beberapa opsi termasuk olahraga dan pernapasan dalam .

BACA JUGA :  Ratusan Serdadu Belanda Mati Karena Para Wanita ini, Apa yang Terjadi?

12. Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa obat dapat meningkatkan nafsu makan Anda sebagai efek samping.

Obat pemicu nafsu makan yang paling umum termasuk antipsikotik, seperti clozapine dan olanzapine, serta antidepresan, penstabil suasana hati, kortikosteroid, dan obat anti kejang.

Selain itu, beberapa obat diabetes, seperti insulin, insulin secretagogues, dan thiazolidinediones, diketahui meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan Anda.

Ada juga beberapa bukti anekdot bahwa pil KB memiliki sifat merangsang nafsu makan, tetapi ini tidak didukung oleh penelitian ilmiah yang kuat.

Jika Anda menduga bahwa obat-obatan adalah penyebab rasa lapar Anda yang sering, mungkin ada baiknya untuk berbicara dengan dokter Anda tentang pilihan pengobatan lain. Mungkin ada obat alternatif yang tidak membuat Anda lapar.