21 SMP di Bolsel Siap UNBK

Rante Hattani

BOLSEL, IDM21 lembaga pendidikan jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hal ini sebagiamana disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Bolsel, Idwan Latjolai S Kom, Rabu (08/01/2020.

“Dari dua puluh satu sekolah, tinggal satu lembaga pendidikan yakni SMP PGRI Motandoi yang akan digabung dengan sekolah lainnya karena tidak memiliki ruangan. Tapi secara keseluruhan siap UNBK,” ujarnya.

Keterbatasan jaringan internet kata Idwan bukan jadi penghalang, karena UNBK bisa dilakukan secara offline.

“Offline bisa, tinggal token untuk membuka bank soal itu harus menggunakan jaringan seluler,” terangnya.

BACA JUGA :  Pencak Silat SMPN Tobayagan Siap Hadapi Porprov

Lanjutnya, dari tujuh kecamatan, tinggal daerah Pinolosian Tengah dan Timur yang offline, kecamatan lainnya UNBK nya sudah online karena akses internetnya sudah bagus.

“Insya Allah sebagaiamana edaran dari Badan Standar Nasional Pendidikan tanggal 24 September 2019, UNBK untuk jenjang SMP/MTs/Wustha/Paket B akan dilaksanakan mulai Senin 20 April  sampai dengan Kamis 23 April 2020. Susulan dua hari, yakni 27 dan 28 April 2020,” terangnya.

Sementara itu Kadis Pendidikan Bolsel, Rante Hattani menuturkan, tahun ini targetnya harus sudah 100 persen sekolah yang  melaksanakan UNBK.

“Alhamdulillah tidak ada lagi kendala. Intinya tahun ini Bolsel 100 persen siap UNBK,” tandas Rante. [***]