600 KPM PKH Terima Dana Bansos Non Tunai

Alamsurya Mokodompit

BOLSEL, IDM – Sedikitnya 600 (enam ratus) Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH), di Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng) dan Pinolosian Timur (Pintim), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menerima penyaluran dana Bantuan Sosial (Bansos) non tunai tahap ke-3 (tiga), bertempat di Desa Torosik, baru-baru ini.

Dikatakan Herdin Mokodompit, salah satu dari Pendamping PKH di wilayah Pinteng, ini merupakan penyaluran tahap ke (tiga), dari 4 (empat) tahapan.

“Untuk tahap pertama, penyalurannya di bulan Januari, tahap dua, bulan April, dan hari ini kami memasuki penyaluran tahap tiga, kemudian untuk yang terakhir tahap empat, rencananya akan disalurkan pada bulan Oktober mendatang,” terangnya, Rabu (10/07/2019).

Lanjut Herdin, KPM yang menerima bantuan tersebut, ada 3 (tiga) komponen. Diantarannya, Pendidikan, Kesehatan, dan Kesejahteraan Sosial

“Ini komponen-komponennya KPM,” terang Herdin.

Untuk waktu penyaluran kata Herdin, kurang lebih memakan waktu satu hari penuh.

BACA JUGA :  Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Daerah, Wabup Deddy Abdul Hamid Hadiri Rakor Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sulut

“Alhamdulillah penyalurannya berjalan dengan baik,” tutur Herdin.

Sementara itu Camat Pinolosian Tengah, Alamsurya Mokodompit, mengatakan, bagi pendamping PKH, diharapkan agar tetap mendampingi KPM PKH dengan sebaik mungkin.

“Kemudian, kalau masih layak dipertahankan sebagai anggota KPM PKH, maka harus dipertahankan. Kalau sudah tidak layak lagi, segera buat Musdes,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos), Sahrin Mohama S Sos, mengimbau kepada seluruh KPM PKH yang ada di Kecamatan Pinteng, agar memanfaatkan dana Bansos tersebut sesuai dengan peruntukannya.

“Terlebih untuk komponen pendidikan, menggingat dalam waktu dekat ini sudah memasuki tahun ajaran baru, diharapkan bansosnya dipergunakan sesuai dengan kebutuhan anak sekolah. Kemudian untuk Bumil dan Balita, dananya diarahkan ke Posyandu,” imbuhnya.

 

 

Cipto Mokodompit