Afghanistan Dalam Cengkraman Taliban, Begini Kondisinya

Afghanistan Dalam Cengkraman Taliban, Begini Kondisinya (Pixabay/ArmyAmber)

INDO MEDIA – Afghanistan dalam cengkraman taliban, hal tersebut ditandai dengan direbutnya kendali atas kota-kota terbesar kedua dan ketiga ketika kedutaan-kedutaan Barat bersiap mengirim pasukan untuk membantu mengevakuasi staf dari ibu kota, Kabul.

Dilansir dari reuters.com, Perebutan Kandahar di selatan dan Herat di barat setelah berhari-hari bentrokan merupakan kemunduran yang menghancurkan bagi pemerintah karena kemajuan Taliban berubah menjadi kekalahan.

“Kota itu tampak seperti garis depan, kota hantu,” kata anggota dewan provinsi Ghulam Habib Hashimi melalui telepon dari Herat, sebuah kota berpenduduk sekitar 600.000 orang di dekat perbatasan dengan Iran.

“Keluarga telah pergi atau bersembunyi di rumah mereka.”

Seorang pejabat pemerintah mengatakan Kandahar, pusat ekonomi di selatan, berada di bawah kendali Taliban.

BACA JUGA :  Israel Jatuhkan Drone Hizbullah yang Melintasi Perbatasan, Begini Situasinya

Baca Juga : Staff Kedutaan Amerika Serikat Tinggalkan Afghanistan, Ini Penyebabnya

Kekalahan tersebut telah memicu kekhawatiran bahwa pemerintah yang didukung AS dapat jatuh ke tangan pemberontak dalam beberapa minggu ketika pasukan internasional menyelesaikan penarikan mereka setelah 20 tahun perang.

“Situasinya memiliki semua ciri bencana kemanusiaan,” kata Thomson Phiri dari Program Pangan Dunia PBB, menambahkan bahwa badan tersebut khawatir tentang “gelombang kelaparan yang lebih besar”.