Afghanistan Mencekam, Begini Situasinya

Afghanistan Mencekam, Begini Situasinya (Pixabay/ArmyAmber)

INDO MEDIA – Marinir tiba di Afghanistan saat Taliban rebut pintu gerbang ke Kabul dimana pemandangan tersebut menjadi suasana mencekam.

Pasukan pertama dari batalion Marinir tiba di Kabul Jumat malam untuk memberikan perlindungan saat AS mengevakuasi para diplomat dan ribuan warga Afghanistan.

Sabtu, pasukan pemberontak merebut Pul-e-Alam, ibu kota provinsi Logar di Afghanistan, 40 mil selatan Kabul dan salah satu pintu gerbang ke ibu kota.

Dilansir dari nypost.com, Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan “elemen” dari batalyon Marinir sekarang berada di Kabul, The Associated Press melaporkan.

“Mereka telah tiba, kedatangan mereka akan berlanjut sampai besok,” kata seorang pejabat AS kepada Reuters.

Baca Juga : Israel Jatuhkan Drone Hizbullah yang Melintasi Perbatasan, Begini Situasinya

BACA JUGA :  Sinopsis Ikatan Cinta Hari ini Minggu 15 Agustus 2021, Reyna Terancam, Andin Kembali Temui Masalah

Pasukan yang mendarat Jumat malam adalah yang pertama dari tiga batalyon Marinir dan Angkatan Darat – sekitar 3.000 tentara dan Marinir – yang AS bergegas ke Kabul akhir pekan ini untuk membantu orang Amerika dan rekan Afghanistan mereka keluar.

Pasukan tambahan sedang menuju ke Kuwait sebagai pasukan cadangan

Pul-e-Alam adalah ibu kota provinsi terakhir yang jatuh, sehari setelah Taliban mengambil empat orang lainnya ketika para pejuang Islam menyapu seluruh negeri, seringkali dengan sedikit perlawanan dari pasukan pemerintah. Kemajuan cepat telah menimbulkan kekhawatiran bahwa mereka akan segera mencapai Kabul, kota terbesar di Afghanistan.

“Jelas dari tindakan mereka, tampaknya mereka mencoba membuat Kabul diisolasi,” kata Kirby pada briefing Pentagon.