Amankan Pelaksanaan Pilsang di Wilayah Pinolosian Bersatu, ini Kata Kapolsek

INDO MEDIA –  Pelaksanaan Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), akan digelar 18 Mei 2022 mendatang.

Untuk wilayah Kecamatan Pinolosian Bersatu, pihak kepolisian telah menyiapkan strategi pengamanan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Untuk wilayah Pinolosian Bersatu, minimal kita siapkan 2 personil per TPS,” terang Kapolsek Pinolosian, AKP Rusman M Saleh, saat Deklarasi Damai Pilsang Serentak Tahun 2022, Selasa 10 Mei 2022.

Lanjut Kapolsek, di wilayah Pinolosian Bersatu,  ada 15 desa yang akan menggelar Pilsang Serentak.

“Dalam Pilsang ini, dari segi keamanan, dipetakan menjadi dua, rawan dan sangat rawan. Sedikitnya 7 desa yang dikategorikan sangat rawan,” ujar Kapolsek.

Kategori sangat rawan disini kata Kapolsek, adalah antisipasi, mengingat pengalaman Pilsang lalu.


“Yang dimungkinkan sangat rawan adalah desa dengan hanya dua calon sebagai peserta Pilsang. Di mana pengalaman dua calon itu langsung masuk final, dan dua pendukung langsung berhadap-hadapan,” ujar Kapolsek.

BACA JUGA :  Serahkan LKPD Tahun 2021, Bupati Iskandar Kamaru Optimis Pertahankan Opini WTP


Sehingga kata Kapolsek, untuk kategori sangat rawan, pengamanannya dikali dua, jadi bisa per  TPS, tiga sampai empat personil.


“Untuk pengamanan Pilsang nanti, kita juga akan dibantu Polda dan satu peleton Brimob,” terang Kapolsek.

Kapolsek berharap, pelaksanaan Pilsang berjalan lancar, serta para calon harus siap untuk kalah. Sebab menurutnya, menang itu biasa,  mempersiapkan diri untuk kalah, itu hal yang luar biasa.

“Selain itu untuk pendukung, berbeda pilihan itu hal yang biasa, tapi yang diingat, keamanan dan kekeluargaan adalah segala-galanya,”tandas Kapolsek.

Diketahui untuk wilayah Pinolosian Bersatu, terdapat 22 TPS dari 15 desa yang akan menggelar Pisang, dengan  jumlah DPT sebanyak  7.993 jiwa.