Astaga! Ternyata tidak Boleh Mencabut Habis Rumput di Atas Kubur, ini Penjelasan Buya Yahya!

Tidak Boleh Mencabut Habis Rumput di Atas Kubur- Buya Yahya -Youtube - Zhafran Channel

INDO MEDIA – Ternyata tidak boleh mencabut habis rumput di atas kubur.

Hal ini sebagaimana disampaikan Buya Yahya, di kanal Youtube Zhafran Channel. Menurut Buya Yahya, rumput di atas kubur punya keuntungan tersendiri.

Kata Buya Yahya, hal ini merujuk kepada hadits nabi, yang diriwayatkan Abdullah bin Abbas ra, bahwa Nabi ṣallallāhu ‘alaihi wa sallam melewati dua kubur, maka beliau bersabda, “Sesungguhnya kedua penghuni kubur ini sedang disiksa, dan keduanya disiksa bukan karena sesuatu yang besar. Salah satu dari keduanya biasa tidak melindungi diri dari air kencing, sedang yang lain biasa menyebarkan fitnah.”

Maka oleh Nabi Muhammad SAW, diambilla pelepah kurma, dibelahnya menjadi dua, kemudian ditancapkan di atas kubur keduanya.

BACA JUGA :  Dipimpin Ketua Komisi II, DPRD Bolsel Kunker ke Kemendagri dan Kemenkeu

Para sahabat lantas bertanya, “Ya Rasulullah, kenapa engkau lakukan itu?” Beliau bersabda, “Semoga diringankan siksa kubur keduanya, selama kedua pelepah ini belum kering.” (HR. Bukhari).

Di sini kata Buya Yahya, para ulama mengambil satu kesimpulan, bahwa baik itu pelepah kurma atau jenis tumbuhan, atau bebasahan lainnya, mereka bertasbih kepada sang khalik, dan tasbih ini menjadikan tenang mayat.

Maka hukumnya makruh bagi kita untuk mencabut rumput-rumput di atas kuburan. Jangan terlalu bersih-bersih kata Buya Yahya, sebab mereka akan bertasbih.