Ragam  

Bantu Petani Tanam Padi, Babinsa Serda Hermawan Teringat Kampung Halaman

BOLSEL, IDM – Dalam rangka memberikan pendampingan kepada petani, Babinsa Serda Hermawan prajurit Koramil 1303-08/Bolaang Uki, terjun langsung ke sawah membantu salah seorang petani binaannya, di Desa Salongo, Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Selasa (09/07/2019).

Di lahan seluas 1 hektar milik Ruslan Pakaya (47) tersebut, rencananya akan ditanami padi varietas Ciheran, karena dinilai lebih tahan terhadap cuaca ekstrim, mengingat akhir-akhir ini sering terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang.

Serda Hermawan mengatakan, banyak tanaman padi siap panen yang roboh akibat hujan lebat disertai angin, sehingga petani mencoba menanam padi jenis Ciheran yang karakter rumpun lebih pendek dan lebih tahan terhadap hama.

“Kita harapkan dengan padi jenis Ciheran ini, padi akan lebih kuat dan kokoh, sehingga tidak mudah diterpa angin. Semoga dengan jenis ini, para petani pun bisa memperoleh hasil yang lebih meningkat lagi,” ujar Serda Hermawan.

BACA JUGA :  Disparbud Rencanakan Pulau Lampu Dijadikan Objek Wisata Unggulan di Bolsel

Babinsa Serda Hermawan menuturkan, pekerjaan turun ke sawah mendampingi petani binaannya bukan kali ini saja dilakukan, tetapi sudah menginjak tahun ketiga.

“Pekerjaan ini sangat mengasyikkan, karena bisa bersenda-gurau bersama para petani. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengetahui kesulitan dan hambatan yang dialami para petani,” ucapnya.

“Saat turun ke sawah mendampingi para petani,  saya merasa sangat senang dan dekat dengan mereka, mungkin karena orang tua saya juga gemar bertani, jadi saya seperti membantu orang tua sendiri,” tutur Serda Hermawan.

 

 

Cipto Mokodompit