Bapelitbangda Gelar Penyusunan DED Drainase Ibukota Kecamatan Pinteng

BOLSEL,IDM – Badan Perencanaan Pembaguanan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar  laporan penyusunan Masterplan dan Enginering Design (DED), Drainase Ibukota Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), bertempat di Kantor  Kecamatan, Kamis (10/10/2019).

Sebagaimana terpantau Indomedia.news, kegiatan laporan penyusunan itu, untuk membahas program Pembuatan Drainase yang dipusatkan ditiga Desa, yakni Adow, Adow Selaan, dan Torosik, sebagai pusat dari Ibukota Kecamatan Pinteng.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten II, Camat Pinteng, Kabid PMD, Kabid kesehatan, Sangadi Adow, Adow Selatan, Torosik, beserta Aparatur Desa dan Tim Ahli Perancangan Pembuatan Drainase.

Disampaikan Camat Pinteng, Alamsurya Mokodompit, maksud dari kegiatan tersebut adalah, menyusun perencanaan drainase yang lebih konfrehensif dan terintegrasi dalam satuan wilayah drainase,

BACA JUGA :  750 Aparatur Desa di Bolsel Tercover BPJS Ketenagakerjaan

“ Kemudian untuk mengatasi daerah-daerah yang sering rawan banjir dan juga genagan,serta untuk mengatasi daerah-daerah yang sering terkena limpahan pasang surut, dan menyelamatkan air dengan menggunakan sumur resapan atau kolam retensi,” ujar Alamsurya.

Adapun tujuannya kata Alamsurya,  yaitu membuat satu sistem drainase untuk mengatasi permasalahan yang ada, serta memberikan rekomendasi bagi penataan ruang wilayah dengan mempertimbangkan aspek potensial dan daya dukung lingkungan.

“ Kemudian sasarannya yaitu, tersedianya dokumen perencanaan teknis drainase kawasan ibukota kecamatan Pinteng. Kemudian tersedianya suatu konsep pengelolaan kelembagaan untuk pengelolaan saluran drainase perkotaan secara terpadu yang berwawasan lingkngan di ibukta kecamatan pinteng,” tutup Alamsurya. [cipto]