Bawaslu Bolsel Gelar Bimtek Penyelesaian Sengketa Pilgub dan Pilkada Serentak 2020

BIMBINGAN Teknis (Bimtek) Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)bersama Partai Pengusung Bakal Pasangan calon (Bacalon) dan Panwascam, sukses digelar oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), di ballroom Sutan Raja Hotel Kotamobagu, Jumat (28/08/2020).

Ketua Bawaslu Bolsel, Rollis Hasan SIP menuturkan pentingnya kegiatan ini, khususnya bagi Panwascam yang akan melakukan pengawasan pada tahapan Pilkada tahun ini.

“Tentu bagi stakeholder atau yang berkepentingan, khususnya bagi Panwascam, agar paham regulasi dan tata cara pengawasan maupun pencegahan sengketa,” ujar Rolis.

Sementara itu, Awaludin Umbola S Hut, Koordinator Divisi (Kordiv) Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dalam materi yang disampaikannya menerangkan beberapa regulasi, diantaranya Peraturan Bawaslu nomor 2 tahun 2020, tentang tata cara penyelesaian sengketa pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, serta Walikota dan wakil Walikota.

BACA JUGA :  Mandi Safar, Bupati Bolsel Berbaur dengan Ribuan Masyarakat

“Dalam penyelesaian sengketa harus sesuai dengan aturan dan dasar hukum, bukan semau kita,” ujarnya.

Koordinator Sekretaris (Korsek) Bawaslu Bolsel, Arthur A Waroka ST menuturkan, Panwascam yang ikut dalam kegiatan dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bolsel.

“Intinya Bawaslu Bolsel siap dalam Pilkada 2020,” tandasnya.

Diketahui, narasumber pada kegiatan tersebut, Supriyadi Pangellu SH MH Kordiv Hukum Data dan Informasi, Mustarin Humagi S Hi Divisi Penindakan Pelanggaran, Pimpinan Bawaslu Bolsel Kifly Yudi Molonda Kordiv Pengawasan, Monita Mokodompit Kordiv SDM serta Koordinator Sekertariat (Korsek) Arthur A Waroka, dan sejumlah staf Bawaslu Bolsel.[***]