BBGRM ke-XVI Tingkat Provinsi Sulut di Kabupaten Bolsel Sukses Digelar

BOLSEL, IDM – Acara puncak Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2019, di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), yang dilaksanakan di alun-alun Molibagu, Kamis (27/06/2019) sukses digelar.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Bupati/Walikota se-Sulut, Ketua Lembaga Pengembagan Tilawatil Quran (LPTQ), Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Bupati Guhanga Bolsel dua periode, Calon Anggota DPR RI terpilih, Hi Herson Mayulu SIP, Unsur Forkopimda Sulut dan Kabupaten/Kota, Ketua Tim Penggerak PKK Sulut, Ir Rita Maya Dondokambey –  Tamuntuan, Ketua TP PKK Kabupaten Bolsel, Selpian Kamaru-Manoppo,  Pimpina OPD se- Provinsi Sulut, Pejabat Sipil, TNI dan Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Toko masyarakat, ASN dan masyarakat Kabupaten Bolsel.

Bupati Iskandar Kamaru S Pt, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih, kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam hal ini Gubernur Sulut Olly Dondokambey, yang telah memberikan kesempatan bagi Kabupaten Bolsel, menjadi tuan rumah pelaksanaan BBGRM ke-XVI.

“Dengan kegiatan ini, kita semakin menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan, serta menggugah kembali kesadaran akan pentingnya semangat gotong royong,” tutur bupati.

Dalam kesempatan tersebut, bupati menyampaikan, sudah sekian lama daerah tersebut mengimplementasikan semangat gotong royong, sebagaimana yang terkandung dalam visi dan misi Kabupaten Bolsel.

“Kegiatan ini juga meningkatkan kesadaran peran serta masyarakat, khususnya dalam mewujudkan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK),” tutur bupati.

Dalam penerapannya untuk program ODSK ini, Kabupaten Bolsel kata bupati telah melaksanakannya diantaranya bidang sosial dan agama, seperti melaksanakan Program Ibadah Subuh Bersama (PISB),  serta telah mengalokasikan zakat penghasilan sebesar 2.5 persen dari ASN untuk kemaslahatan umat.

“Bidang Kemasyarakatan misalnya telah melakukan penyuluhan hukum kepada siswa di setiap sekolah, Pembagian sertifikat lima ribu sertifikat tanah gratis kepada masyarakat, serta tahun ini ditambah lagi sembilan ribu sertifikat,  Bidang kesehatan Pemda Bolsel telah berupaya agar seluruh masyarakat dan tenaga harian lepas tercover JKN KIS,” terang bupati.

BACA JUGA :  Kamaru Ingatkan Perangkat Desa Harus Mampu Implementasikan Anggaran dari DD untuk Kesejahteraan Masyarakat

Selain itu kata bupati, untuk bidang ekonomi mengoptimlakan dana desa untuk pembangunan sarana dan prasarana fisik pertanian, perikanan drainase jalan desa, dan fasilitas publik lainnya melalui padat karya tunai.

“Serta Bidang lingkungan, membangun RTLH bagi masyarakat yang tidak mampu, yang bersumber dari APBD dan ABPDes, yang sampai pada tahun 2019 ini, telah terealisasi sebanyak, 435 unit, dari target pemda sebanyak 450 unit, dengan anggaran 50 juta per rumah.

Selain itu, Pembangunan jamban, dengan  target 2021 tidak ada lagi rumah tidak ada jamban,” tutur bupati.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Bupati dan Wakil Bupati Bolsel bersama jajaran dan pihak terkait, yang telah berkontribusi positif dalam memprakarsai, bekerja keras, sehingga kegiatan yang bernilai penting, strategis dan konstruktif tersebut dapat terselenggara.

“Gotong royong harus kita maknai bukan hanya sebagai slogan, sebatas kata-kata, atau bahkan jargon, namun harus kita aktualisasikan, dilaksanakan, dalam kehidupan sehari-hari. Dengan gelar acara ini, kita telah maksimalkan dan arahkan fokus energi untuk kegiatan gotong royong di berbagai bidang,” tutur gubernur.

Diketahui dalam kesempatan tersebut, diberikan sertifikat gratis, bantuan kepada instansi pemerintah dan desa, serta santunan kepada masyarakat, yang diberikan oleh Gubernur Olly Dondokambey, didampingi Bupati Iskandar Kamaru S Pt dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid yang saat ini dikenal sebagai pasangan BERKAH, untuk Pilbup 2020.

 

Cipto Mokodompit