Bolsel  

Bersama Bupati dan Walikota se-Indonesia, Iskandar Kamaru Ikuti Rakornas Dukcapil 2023

Bupati Bolsel ikut Rakornas Dukcapil 2023

INDO MEDIA – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi Iskandar Kamaru S Pt, mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2023, di Hotel Novotel Manado, Rabu 8 Februari 2023.

Acara yang dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri RI) ini, bertema “Digitalisasi Adminduk untuk Pelayanan Publik dan Pemilu 2024” yang diikuti oleh para Bupati Walikota, Kadis Capil dan jajaran se-Indonesia, perwakilan World Bank dan pimpinan PD terkait lainnya.

Bupati H. Iskandar Kamaru SPt MSi, menjelaskan bahwa dalam acara ini Wagub Steven Kandouw menegaskan walaupun baru saja dilanda bencana, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), khususnya Kota Manado bisa menggelar Rakornas yang berarti daerah ini masih aman.

Wagub mendampingi perwakilan kemendagri memukul gong tanda Rakornas Dukcapil dimulai

“Terkait digitalisasi data, Wagub Steven mengakui hal ini sangat penting karena tanpa digitalisasi kita akan kesulitan. Selanjutnya Wagub juga menyapa dan mengucapkan selamat datang di Sulawesi Utara kepada seluruh peserta,” kata Bupati Iskandar.

BACA JUGA :  Siapkan Dirimu! Berikut Rincian Formasi Penerimaan ASN Pemkab Bolsel Tahun 2023

Lanjut diungkapnya, Mendagri Tito Karnavian yang diwakili Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengucapkan terima kasih kepada seluruh Bupati/Walikota dan Kadis Dukcapil se-Indonesia yang hadir mengikuti kegiatan.

Dalam penjelasannya, Dirjen Dukcapil menguraikan bahwa pendataan bisa dilakukan dengan tertib dan tanpa tercecer bila dilakukan dengan cara jemput bola yaitu terjun langsung. Selain itu, dia meminta jajaran Dukcapil untuk mempermudah pelayanan terutama yang sudah ada anjungan Dukcapil mandiri.

Bupati bersama Kadis Dukcapil Bolsel foto bersama perwakilan dari Kemendagri RI di acara Rakornas Dukcapil 2023

“Gunakanlah NIK sebagai dasar untuk persyaratan dan jangan ada Pungli dalam setiap pelayanan. Mari tingkatkan pelayanan online karena ke depannya KTP akan di-digitalisasi agar bisa mempermudah masyarakat,” kata Dirjen Dukcapil dalam acara tersebut.