Bersama Relasi, KPUD Bolsel Gelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Perempuan

BOLSEL, IDM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten  Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), bersama Relawan Demokrasi (Relasi) Basis Perempuan, menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih perempuan, dalam rangka Pemilihan Umum, (Pemilu) 17 April 2019 mendatang, bertempat di Desa Ilomata, Kecamatan Pinolosian, Minggu (10/02/2019).

Kegiatan tersebut disambut hangat dan antusias oleh pemerintah dan kaum perempuan desa setempat.

“Sosialisasi ini sangat penting, mengingat Pesta Demokrasi 17 April 2019 mendatang adalah Pemilu tersulit di dunia. Kami berharap, dengan adanya sosialisasi ini akan lebih mempermudah masyarakat dalam memahami sistem pemilihan nanti,” Ujar Sangadi Ilomata, Sahrin Lakude, dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua KPUD Bolsel, melalui Divisi Teknis, Fijey Bumulo menuturkan, perempuan memiliki peran penting dalam suksesnya penyelenggaraan Pemilu. Sebab menurutnya, selain memiliki hak suara, kaum gender juga memiliki hak untuk berkecimpung di dunia politik.

BACA JUGA :  Kantongi Suara di Atas 100 Ribu, Dipastikan Herson Melenggang Mulus ke DPR RI

“Dalam hal ini, perempuan harus bisa menjadi pemilih yang cerdas dan bijak dalam menentukan pilihanya,” tutur Jay akrab ia disapa.

Jay juga menyampaikan, tujuan sosialisasi ini diharapkan bisa mengoptimalkan suara perempuan dalam Pemilu mendatang.

“Peningkatan partisipasi pemilih,  meminimalisir angka kesalahan suara di kalangan perempuan, menjadi tujuan dan harapan kami dalam penyelenggaraan kegiatan ini,” tandas Jay.

Diketahui kegiatan itu dihadiri Komisioner KPUD Bolsel, diantaranya, Romi Pobela, Fijay Bumulo, Ipik Yasin, Novarita Ointu, Awit Mokoagow, serta Relasi Basis Perempuan, diantaranya: Satriani Asiking, Fatlun Alhabsyi, Susan Sinalaan, dan Irawati Mokodompit, Sangadi Ilomata dan seluruh jajarannya, Kaum perempuan, disabilitas, pemuda, dan pemilih pemula. [cipto]