Bolsel Bakal Terima Dua Unit Mesin Pengelolah Minyak Kelapa

Olly Dondokambey [foto: Humas Bolsel]

BOLSEL, IDM – Tahun ini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), bakal mendapat bantuan dua unit mesin pengelolah minyak kelapa.

Hal ini  sebagaimana disampaikan Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat memberikan sambutan pada Acara Puncak Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBRM), baru-baru ini.

“Masing-masing anggaranya 300 juta per unit. Mesin ini sangat membantu masyarakat untuk mengelolah buah kelapa mulai dari pengupasan sampai pada proses akhir sudah menyaji minyak kelapa siap dipasarkan,” tuturnya.

Olly juga menambahkan, masyarakat agar bersabar dan jangan mudah terpancing dengan gejolak ekonomi. Apalagi saat ini harga kelapa belum stabil.

“Jangan kemudian karena sudah tidak sabaran pohon kelapa ditebang, seperti halnya pohon cengkeh yang oleh masyarakat banyak ditebang karena harganya sempat anjlok. Sekarang banyak menyesal karena harganya tiba-tiba naik,” ujar gubernur.

BACA JUGA :  Wakili Bupati Bolsel, Asisten II Buka Sosialisasi Pamsimas III

Orang nomor satu di Provinsi Sulut ini juga menyampaikan, saat ini pemprov telah mendapatkan pembeli untuk minyak kelapa ini.

“Dalam hal ini  kita akan bekerja sama dengan pihak asing. Per biji kelapa akan diharga dua ribu rupiah, atau sama dengan 12 ribu rupiah per kilogram kelapa.  Disamping itu karena minyak kelapa diminati para turis, sehingganya akan menjadi paket oleh-oleh mereka. Untuk itu, karena pangsa pasarnya sudah terbuka, diharapkan masyarakat nanti memproduksi minyak kelapa dengan baik terkait hal tersebut,” tandas gubernur.

 

Cipto Mokodompit