Bolsel Segera Miliki Alat Deteksi Gempa dan Tsunami

BOLSEL, IDM – Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), segera akan miliki alat pendeteksi gempa bumi dan tsunami.

Hal ini sebagaimana kunjungan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Abraham F Mustamu bersama staf, ke daerah religius tersebut, yang diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy S STP didampingi Kepala Badan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolsel, Daanan Mokodompit S Pd, Senin (02/07/2019).

Disampaikan Sekda Marzanzius Arvan Ohy, kunjungan tersebut dalam rangka memberikan kepastian akan kesiapan Pemkab Bolsel, terkait dengan lokasi untuk bangunan alat tersebut.

“Intinya Pemda Bolsel menyambut baik serta akan menghibahkan lokasi yang dibutuhkan serta akan membuat pagar keliling dan akses jalan,  sebagai wujud pemerintah turut mengamankan aset tersebut,” terang sekda.

BACA JUGA :  UHC 2019, Pemkab Bolsel Targetkan 30 Ribu Masyarakat Tercover BPJS Kesehatan
BMKG Perwakilan Sulut dan BPBD Bolsel meninjau lokasi

Sementara itu Kaban BPBD, Daanan Mokodompit S Pd menuturkan, untuk lokasi di bagian barat kantor Bupati Bolsel, tepatnya di samping gudang pertanian.

“Setelah pertemuan dengan sekda, selanjutnya pihak BMKG, didampingi oleh BPBD Bolsel, meninjau langsung lokasi,” ujarnya.

Daanan berharap, keberadaan alat ini nanti, dapat membantu pemerintah serta seluruh masyarkat Bolsel untuk dapat mengetahui potensi bencana gempa dan tsunami sejak dini.

“Alat ini nantinya akan memberikan manfaat yang besar, bukan hanya untuk Bolsel, melainkan Boltim dan Gorontalo. Sehingga kita patut bersyukur dengan Pemerintah Bolsel saat ini yang terus mengupayakan yang terbaik bagi daerah,” tandasnya.

 

Cipto Mokodompit