Bupati Bolsel Dampingi Dirjen PPMD Kemendesa PDTT Resmikan PIID-PEL Desa Transpatoa

DIDAMPINGI Bupati Hi Iskandar Kamaru S Pt dan Wakil Bupati (Wabup) Deddy Adbul Hamid, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PPMD) Kemendesa PDTT, Taufik Madjid S Sos Msi meresmikan Pilot Inkubasi Inovasi Desa – Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID – PEL) di Desa Trans Pato’a, Kecamatan Helumo, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Jumat (06/03/2020).

Bupati Hi Iskandar Kamaru S Pt tak lupa mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada Dirjen, serta Anggota DPR RI Hi Herson Mayulu SIP, yang tak lain Bupati Guhanga (mantan bupati) dua Periode Kabupaten Bolsel.

“Pemerintah dan masyarakat Bolsel megucapkan terima kasih Selamat datang di bolsel, ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena bapak dirjen dan rombongan berkenan menginjakan kaki di daerah kami,” ujar bupati.

Kamaru juga mengatakan, dirinya selaku pimpinan tertinggi Eksekutif di Bolsel mendukung penuh kebijakan Pemerintah pusat untuk membangun dan mengembangkan Desa menuju desa mandiri, ini merupakan sebuah pengakuan dan penghormatan negara kepada desa sebagai upaya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa. Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 bahwa pembangunan desa telah menjadi prioritas dalam pembangunan nasional.

“Ucapan terima kasih juga kami ucapkan kepada direktorat jenderal PPMD kementrian desa yang telah memberikan bantuan Rp. 1.351.304.200 program pilot inkubasi inovasi desa pengembangan ekonomi lokal di transpatoa,” tuturnya.

BACA JUGA :  Sembilan Imbauan Bupati Bolsel terkait Pencegahan Penyebaran Corona Virus

Sementara itu, Dirjen PPMD Kemendesa PDTT mengatakan, Dalam pembangunan desa perlu perencanaan dan kebijakan yang tepat dan terarah. “Penerapan kebijakan dan program pembangunan perlu didukung oleh ketersediaan data dan informasi berbasis wilayah yang akurat untuk melengkapi data sektoral yang ada,”tuturnya.

Menurutnya Hal terpenting yang harus ada dalam perumusan kebijakan dan pelaksanaan program pembangunan adalah data. Tanpa data, pelaksanaan pembangunan akan berjalan tanpa arah dan tujuan,”untuk itu kami sangat memerlukan data dalam membangun desa,”tandasnya.

Diketahui Kegiatan tersebut dihadiri oleh Gubernur Sulut yang diwakili oleh Karo Perekonomian Sulut Hany Wajong, Anggota komisi V DPR Republik Indonesia Hi Herson Mayulu S IP, Direktur PUED Kemendes PDTT Drs Nugroho S Nagoro MSi, Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy  S Stp, Pimpinan dan Anggota DPRD Bolsel, Unsur Forkopimda, Kakan Kemenag Bolsel, Kepala Pengadilan Agama Bolsel, Koordinator Provinsi KPW Sulut beserta tenaga ahli P3MD, para Asisten, Pimpinan OPD, Camat, Sangadi, serta para pelaksana Bumdes se Bolsel. dan masyarakat umum.

Diketahui Pemkab Bolsel sudah dua kali mendapatkan bantuan langsung dari Kemendes PDTT RI. Di mana sebelumnya pernah sekali menerima bantuan Embung Desa yang diberikan kepada salah satu Desa di Kecamatan Bolaang Uki. [rhu/adv]