Bupati dan Wabup Bolsel Entry Meeting dengan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulut

BOLSEL, IDM – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi Iskandar Kamaru S Pt, bersama Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, didampingi Sekda Marzanzius Arvan Ohy S STP, Asisten III Rikson Paputungan MPd dan Inspektur, melaksanakan giat Entry Meeting dengan Kepala perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) secara virtual, di Ruang Rapat Bappelitbangda Bolsel, Senin (25/01/2021).

Giat ini menandai dimulainya pemeriksaan pendahuluan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Bolsel TA 2020, oleh BPK RI perwakilan Provinsi Sulut, yang akan berlangsung selama 35 hari kerja.

Dari hasil kegiatan ini, diketahui tujuan pemeriksaan interim LKPD TA 2020, yaitu untuk memantau tindak lanjut atas hasil pemeriksaan tahun-tahun sebelumnya, terutama temuan yang mempengaruhi opini.

BACA JUGA :  Persiapan Kemah Bakti Pramuka ke-IV di Bolsel Dimatangkan

“Juga untuk menilai efektivitas SPI dalam penyusunan laporan keuangan, serta melakukan pengujian subtantif terbatas pada transaksi/saldo akun-akun untuk menilai kewajaran saldo dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undanganan dengan prioritas pada akun tertentu,” terang bupati.

Atas dasar itu, Bupati minta kepada setiap PD agar mempersiapkan dengan baik semua dokumen laporan keuangan dan bersikap pro aktif.

“Tujuannya agar pemeriksaan pendahuluan ini berjalan lancar,” ujar bupati.

Bupati juga menyebut Pemkab Bolsel telah membentuk gugus tugas untuk pemeriksaan LKPD TA 2020, yang diketuai Sekda Marzanzius Arvan Ohy S STP.

“gugus tugas ini beranggotakan Inspektorat, BPKAD dan perwakilan beberapa PD, yang bertugas sebagai fasilitator antara BPK dengan PD terperiksa,” tutup bupati.

 

Rhu Mokoagow