Cegah Covid-19, Bupati Bolsel  Instruksikan Dinkes Lakukan Penyemprotan Disinfectant di Tempat Umum

Iskandar Kamaru

BOLSEL, IDM – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi Iskandar Kamaru S Pt, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy S STP, secara resmi mengeluarkan maklumat pencegahan Virus Covid – 19 (corona), serta menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan, untuk melakukan penyemprotan disinfectant di tempat – tempat umum, bersama team kabupaten, yang dibetuk oleh pemerintah daerah.

“Dinas Kesehatan mengaktifkan Mobil 119 dan menyiagakan Tim Kesehatan mulai dari RSUD, PKM dan Pustu – Pustu di wilayah masing – masing,” ujar sekda, Senin (16/03/2020).

Disamping itu, untuk kekurangan perlengkapan kesehatan pencegahan covid – 19 di RSUD Bolsel, agar segera melengkapi fasilitas – fasilitas tersebut.

“Untuk pelaksanaan rapat – rapat pemerintah daerah, Dinas Kesehatan memfasilitasi alat scanner suhu tubuh untuk pencegahan dampak Virus Covid – 19,” tegas sekda.

Selain itu, kegiatan rutinitas Kepemerintahan baik apel pagi dan apel sore dilaksanakan di kantor dinas masing – masing, dan menggunakan absen manual yang tembusan disampaikan ke BKPSDM.

“Pelaksanaan Apel Korpri bagi ASN untuk sementara ditiadakan, tapi tetap menggunakan pakaian Korpi,” ujarnya. [***]

 

Diketahui, disamping instruksi tersebut, juga bupati mengeluarkan maklumat sebagai berikut :

  • Pelaksanaan Festival Teluk Tomini 2020, dan MTQ Tingkat kabupaten, ditunda sampai waktu yang akan ditentukan kemudian.
  • Bimtek dan Diklat yang akan dilaksanakan pemda ditunda sampai 2 (dua) pekan ke depan, termasuk perjalanan dinas ASN, Pimpinan dan anggota DPRD keluar daerah dan luar provinsi.
  • Camat dan Sangadi serta jajaran melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan, serta mengajak masyarakat untuk memeriksakan diri ke RSUD, PKM dan Pustu – Pustu apabila ditemukan ada gejala – gejala Virus Covid – 19.
  • Camat – camat menunda kegiatan kemasyarakatan kecuali yang sudah diagendakan ataupun hajatan duka selama 2 (dua) pekan ke depan.
  • Camat menghimabu kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik dalam menyikapi perkembangan Virus Covid – 19.
  • Camat menghimbau ke masyarakat untuk kegiatan acara kemasyarakatan baik hajatan pesta siang maupun malam hari harus dibatasi.
  • Dinas Pendidikan menyediakan handsanitizer dan masker di sekolah-sekolah.
  • Dinas pariwisata menunda kunjugan turis – turis baik domestik maupun mancanegara untuk melakukan aktifitas wisata.
  • Bagi ASN yang terlanjur melaksanakan perjalanan dinas dari luar daerah maupun luar provinsi, minggu sebelumnya untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri.
  • Kunjungan Ibu Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke Kabupaten Bolsel yang diagendakan tanggal 27 maret 2020, ditunda.
  • Seleksi Paskibraka Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Tingakat Provinsi ditunda sampai ada perkembangan selanjutnya.
  • Untuk Dinas Perhubungan berkoordinasi dengan Dinas pariwisata dan Kesbangpol terkait kunjungan turis domestik dan mancanegara yang kadang tanpa pemberitahuan ke pemerintah daerah dengan cara melayangkan surat resmi ke penginapan – penginapan yang ada di wilayah Kabupaten Bolsel, agar list tamu yang menginap dilaporkan ke pemda untuk pencegah dini Virus Covid – 19.
  • Terkait dengan himbawan dalam bentuk spanduk pencegahan Virus Covid – 19 akan dipasang di area – area publik, di wilayah Kabupaten Bolsel.
  • Kegiatan Program Ibadah Subuh berjamah (PISB) Pemda Bolsel, tetap dilaksanakan sebagaimana biasa.
BACA JUGA :  Hilang Kendali saat Kemudikan Mobil, Lelaki Paruh Baya ini Masuk Jurang