Cegah Virus Corona, Sekolah Diliburkan! Berikut Enam Instruksi Bupati Bolsel

Iskandar Kamaru

BOLSEL, IDM – Dalam rangka pencegahan dan antisipasi penyebaran virus corona (Copid-19), Bupati Hi Iskandar Kamaru S Pt, menginstruksikan agar sekolah semua  jenjang pendidikan yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten  Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) diliburkan.

Ini sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Nomor : 70/III/2020, tertanggal 15 Maret 2020, yang ditandatangani Bupati Bolsel, Tentang Libur sekolah terkait pencegahan Covid 19, di wilayah Kabupaten Bolsel.

Dalam surat edaran ini ditegaskan, pertama semua satuan pendidikan TK, SD dan SMP,  baik Negeri dan Swasta yang menjadi kewenangan Pemda Bolsel,  diliburkan pada tanggal 16-31 Maret 2020.

Kedua, Pelaksanaan UNBK SMP tetap dilaksanakan sesuai jadwal dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan Dalam UNBK.

Ketiga, pada waktu libur khusus ini  siswa SD dan SMP  tetap belajar efektif melalui Kelas Maya dalam aplikasi “Rumah Belajar”, yang dikembangkan oleh Pusdatin Kemendikbud RI dibawah bimbingan dan arahan guru.

BACA JUGA :  Afghanistan Mencekam, Begini Situasinya

Keempat, bagi siswa yang belum memiliki HP dan wilayahnya belum ada jaringan internet, makan guru menyiapkan bahan belajar berupa buku-buku pembelajaran, dan memberi tugas mandiri Kepada siswa selama libur. Bagikan semua buku yang ada di sekolah sebagai bahan bacaan / bahan belajar selama libur.

Kelima, kepala sekolah beserta guru, agar menyosialisasikan  instruksi ini kepada orang tua murid dan masyarakat, dan memberikan edukasi-edukasi terkait pencegahan virus Corona sesuai protokol kesehatan.

Keenam, dimintakan kepada orang tua untuk mengawasi anak-anak agar tetap di rumah. [***]