Dalam Sehari DPRD Bolsel ‘Push’ Beberapa Paripurna, Ini Agenda yang Dibahas

Dalam Sehari DPRD Bolsel ‘Push’ Beberapa Paripurna, Ini Agenda yang Dibahas

ADVERTORIAL – Dalam sehari dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) kabupaten bolaang mongondow selatan (Bolsel) melaksanakan beberapa rapat paripurna sekaligus.

Agenda tersebut dilaksanakan pada jumat 10 september 2021 bertempat di aula gedung DPRD Bolsel.

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bolsel Ir Arifin Olii dan didampingi wakil ketua I Salman M Mokoagow dan wakil ketua II Hartina Badu.

Paripurna pertama yakni penutupan masa sidang III Tahun 2020 – 2021 dan membuka masa sidang I tahun 2021-2022.

Dilanjutkan dengan rapat paripurna kedua dengan agenda penyampaian nota keuangan ranperda tentang APBD tahun 2022.

Dalam paripurna kedua ini Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru SPt, menyampaikan terkait rancangan APBD tahun 2022 ada 5 program yang menjadi prioritas pemerintah yakni :

  1. Pemenuhan persentase mandatory spending bidang pendidikan, kesehatan, ADD, infrastruktur dan pengawasan.
  2. Penyediaan anggaran jaminan kesehatan masyarakat tahun 2022 untuk memenuhi target Universal Health Coverage (UHC) minimal 96% dari jumlah penduduk.
  3. Penyediaan anggaran penanganan Pandemi Covid-19 baik di bidang kesehatan, jaring pengaman sosial dan pemulihan ekonomi masyarakat.
  4. Penyediaan anggaran untuk penurunan angka stunting.
  5. Pemberian bantuan dan asuransi untuk petani dan nelayan.
BACA JUGA :  Setwan Dekab Bolsel Ikuti Forum Komunikasi Sekretariat DPRD se- Provinsi Sulut

Selanjutnya dalam paripurna, agenda yang dibahas yakni terkait penetapan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan rancangan peraturan bupati (Ranperbup) tentang penjabaran perubahan APBD tahun 2021.

Dalam Paripurna tersebut top eksekutif Bolsel Hi Iskandar Kamaru SPt, memberikan apresiasi kepada kepada pimpinan dan anggota DPRD atas kebersamaan selama ini dalam pelaksanaan pembangunan di Bolsel.

‘Saya memberikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada top legislatif Bolsel,’tutur Kamaru.

Lanjut Kamaru, struktur perubahan APBD tahun 2021 jika dibandingkan dengan struktur APBD pada saat penyampaian nota keuangan tidak mengalami perubahan yang signifikan.

‘Ini semua karena rasionalisasi anggaran sudah dilakukan sebelumnya namun tidak mengabaikan program kegiatan yang menjadi prioritas,”tandas Kamaru.

Turut hadir dalam rapat paripurna tersebut, 13 anggota DPRD Bolsel, Sekda Bolsel Marzanzius A Ohy SSTP MA, Jajaran Asisten Sekda, Pimpinan OPD, Camat dan Sangadi serta ASN Pemkab Bolsel.