DPRD Bolsel Gelar Paripurna Tahap I Penyampaian Nota Keuangan RAPBD Tahun Anggaran 2019

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Kamis (01/11/2018) pukul 15:00 WITA, menggelar Rapat Paripurna dalam Rangka Pembicaraan Tahap I atas Penyampaian Nota Keuangan RAPBD, Tahun Anggaran 2019,  bertempat di auditorium gedung wakil rakyat tersebut.

Sebagai Pimpinan Sidang, Ketua DPRD Kabupaten Bolsel, Abdi Van Gobel.

Kegiatan yang dihadiri oleh Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru S Pt, para anggota DPRD Bolsel, Sekretaris Daerah (Sekda) Marzanzius Arvan Ohy S STP, Pimpinan OPD, Camat, Sangadi dan ASN di Lingkungan Pemkab Bolsel, diawali dengan pembacaan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda), oleh Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bolsel, Riston Mokoagow.

Paripurna tersebut digelar setelah melalui tahapan pembahasan yang intensif antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah.

Pembahasan tersebut menghasilkan beberapa isu strategis yang menjadi dasar dalam penyusunan APBD Kabupaten Bolsel TA 2019 berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 38 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan APBD TA 2019.

Selain itu hal tersebut merupakan tidak lanjut atas penetapan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2019 ya g telah disepakati bersama.

BACA JUGA :  Siap Jiwa Raga, Bupati Iskandar Kamaru Tak Henti-Hentinya Pantau Warganya pasca Bencana Banjir

“Pendapatan pada Rancangan APBD Tahun 2019 ditarget sebesar Rp 516.705.711.581,00. Di beberapa pos pendapatan belum menyesuaikan dengan pagu anggaran yang masih menunggu ditetapkannya Peraturan Presiden tentang rincian anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN),” tutur Bupati Iskandar Kamaru.

Untuk Pos belanja dianggarkan sama besar dengan target pendapatan dengan komposisi belanja tidak langsung sebesar Rp 259.123.002.932. dan belanja langsung sebesar Rp 257.582.708.649.

Di akhir penyampaiannya, Bupati mengajak kepada seluruh Pimpinan dan anggota DPRD untuk tetap berinergi membangun daerah melalui program dan kegiatan yang menjadi prioritas daerah serta mewujudkan visi dan misi daerah.

Selanjutnya, dalam pandangan umum fraksi, empat fraksi DPRD Bolsel menyatakan menerima dan setuju RAPBD ini untuk di bahas ke tahap selanjutnya. Masing-masing Juru bicara fraksi antara lain, Fraksi Trisakti PDIP oleh Ruslan Paputungan, Fraksi Gerakan Golkar oleh Hartina S Badu, Fraksi Demokrat oleh Irma Dilapanga dan Fraksi Harapan Pembangunan oleh Salman Mokoagow.

Sebelum menutup sidang paripurna, Ketua DPRD Hi Abdi Van Gobel selaku pimpinan sidang menyampaikan bahwa tahapan selanjutnya yakni pembahasan bersama pemerintah daerah, akan dijadwalkan kembali. (**)