DPRD Bolsel Sukses Gelar Rapat Paripurna Penandatanganan Nota Kesepatakan KUA dan PPAS Tahun 2022

DPRD Bolsel Sukses Gelar Rapat Paripurna Penandatanganan Nota Kesepatakan KUA dan PPAS Tahun 2022(Diskominfo Bolsel)

ADVERTORIAL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sukses menggelar rapat paripurna penandatanganan nota kesepakatan KUA dan PPAS tahun anggaran 2020, Selasa 24 Agutus 2021, di Gedung DPRD Bolsel.

Diketahui, kegiatan tersebut menerapkan protokol ketat dalam pencegahan covid 19.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bolsel Ir Arifin Olii didampingi Wakil Ketua I Salman M Mokoagow dan Wakil Ketua II Drs Hartina S Badu. Dan dihadiri oleh para anggota DPRD Bolsel, Diantaranya Ketua Banggar Zulkarnain Kamaru SAg, Serta Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru SPt dan Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid.

Disampaikan Ketua Banggar DPRD Bolsel Zulkarnain Kamaru S Ag, tujuan KUA dan PPAS 2022, yakni meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam aspek pendapatan serta dibukanya kesempatan kerja dan lapangan usaha serta mempermudah akses terhadap pangambilan kebijakan berdaya saing maupun peningkatan Indeks Pembangunan Manusia IPM.

‘Hasil dari pembahasan KUA dan PPAS tahun 2022, dimana difokuskan pada pembangunan sumber daya publik serta pembangunan daerah yang berdasarkan pada perencanaan yang tumbuh pada penetapan prioritas pembangunan yang berbasis pada pendidikan atau aspirasi rakyat,”ungkap Zulkarnain.

Lanjut Zulkarnain, sehingga hal tersebut dikatakan satu instrumen pancapaian-pencapaian pembangunan daerah yang pada dasarnya adalah merupakan tugas dan kewajiban konstitusional.

BACA JUGA :  DPRD Bolsel Tutup Masa Sidang II dan Buka Masa Sidang III Tahun 2021

Disisi lain, Bupati Bolsel Hi Iskandar Kamaru SPt, dalam sambutannya mengatakan, bahwa proses penyusunan dan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2022 dapat dilakukan melalui penyamaan persepsi antara Eksekutif dan Legislatif sehingga dapat segera diaplikasikan sebagai pedoman bagi pemerintah daerah dalam penyusunan RAPBD 2022.

‘Strategi dan kebijakan yang menjadi prioritas dalam pelaksanaan APBD 2022 yang telah dituangkan dalam KUA PPAS ini selanjutnya akan dijabarkan dalam program dan kegiatan dalam penyusunan rancangan APBD,’ungkap Bupati.

Bupati berharap proses penyusunan APBD tahun 2022 dapat berjalan optimal sehingga dapat mencapai target kinerja tahun pertama RPJMD Tahun 2021 sampai 2026.

‘ Saya juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah kabupaten Bolsel yang telah bekerja maksimal untuk menyelesaikan Dokumen Perubahan Kebijakan Umum Anggaran (P-KUA) dan Perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2021, sehingga pada hari yang berbahagia ini kita bisa duduk bersama, saling mengisi dan melengkapi, bahu membahu dalam mewujudkan Bolsel yang lebih baik,’tandas Bupati.

Terinformasi kegiatan tersebut, juga dihadiri Sekda Bolsel Marzanzius A. Ohy SSTP MA, dan para pimpinan OPD beserta pejabat Eselon III dan IV Pemkab Bolsel.