DPRD Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Bolsel Tahun Anggaran 2021

INDO MEDIA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Bolsel Tahun Anggaran 2021, Selasa 7 Juni 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di auditorium DPRD Bolsel ini, dipimpin Ketua DPRD, Ir Arifin Olii, didampingi Wakil Ketua I, Salman M Mokoagow, serta dihadiri Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid.

Ir Arifin Olii dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan tersebut dilaksanakan atas hasil dari Banmus DPRD Bolsel.

“Paripurna ini telah mememenuhi kuorum. Rapat diggelar atas permohonan Pemkab yang akan membahas Ranperda mengenai pertanggungjawaban APBD Bolsel tahun anggaran 2021,” ujar Arifin.

Sementara itu, Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid mengungkapkan bahwa Penyampaian Ranperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD, merupakan bentuk pelaksanaan kewajiban pengelolaan keuangan daerah, sesuai dengan amanat PP Nomor 12 Tahun 2019, Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang berpedoman pada UU No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.

“Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD ini merupakan penutup dari rangkaian siklus pengelolaan keuangan daerah Tahun Anggaran 2021. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai instrumen oleh para stakeholder untuk melakukan evaluasi dan menentukan arah kebijakan pembangunan ke depan,”terang Wabup.

BACA JUGA :  Wabup Bolsel Buka Rangkaian Kegiatan Sosialisasi Transaksi Digital dan PBB

Secara ringkas, Wabup menyampaikan bahwa Pendapatan Daerah Tahun Anggaran 2021 terealisasi sebesar Rp. 618,5 miliar atau 102,8% dari target Rp. 601,2 miliar. Kemudian, Belanja Daerah T.A 2021 sebesar Rp. 565,5 miliar atau 89,6% dari total anggaran Rp. 630,8 miliar. Sedangkan, SILPA sebesar Rp. 82,5 miliar yang nanti akan diproyeksikan pada Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022.

“Kami memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada DPRD, seluruh jajaran perangkat daerah dan masyarakat karena berkat kerja keras dan komitmen bersama sehingga Pemkab Bolsel kembali meraih Opini WTP untuk yang ke-8 kalinya berturut-turut pada tahun ini,” ujarnya.

Diketahui rapat paripurna tersebut, berjalan tertib dan lancar.

Hadir dalam kegiatan ini, Wabup Bolsel, Pimpinan dan Anggota DPRD Bolsel, para pimpinan Perangkat Daerah beserta jajaran ASN Pemkab Bolsel.