Bolsel  

Fasilitas Sangat Baik, Bupati Bolsel Ingatkan Puskesmas Rujuk Pasien ke RSUD Bolsel

Bupati memberikan sambutan

INDO MEDIA Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi Iskandar Kamaru S Pt M Si, mengingatkan agar puskesmas dapat memanfaatkan dengan baik fasilitas mobil ambulance, utamanya untuk merujuk pasien.

“Rujukannya ke RSUD Bolsel, yang tentu karena fasilitasnya sudah sangat baik dan memadai, bahkan tidak kalah dengan RSUD rujukan yang ada di luar daerah,” ujar Bupati, saat membuka acara Monitoring dan Evaluasi Program Kesehatan Tingkat Kabupaten Tahun 2024, yang dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu, di Hotel Quality Manado, Selasa 14 Mei 2024.

Pada kegiatan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Bolsel ini, Bupati juga menegaskan, pelayanan di bidang kesehatan di seluruh pelosok, harus lebih ditingkatkan lagi.

“Ini harus menjadi perhatian kita semua, serta tentu dilaksanakan sesuai regulasi yang ada,” tegas Bupati.

BACA JUGA :  Makam Raja Bolango Dipindahkan, ini Kata Bupati Bolsel

Sementara terkait dengan usia harapan hidup dan stunting, sangat mempengaruhi nilai (Indeks Pembangunan Manusia (IPM) daerah.

“Untuk menunjang ini, kembali lagi saya mengingatkan, pelayanan posyandu dapat ditingkatkan dan tetap dilaksanakan sesuai jadwal,” terang Bupati.

Disampaikan pula, bahwa klaim BPJS agar didayagunakan secara lebih baik lagi, khususnya klaim penggunaan mobil ambulans karena tercatat hanya beberapa puskesmas saja yang melakukan klaim BPJS.

“Untuk menunjang pelayanan kesehatan, dalam waktu dekat, di kompleks perkantoran panango, ada dibangun Labkesmas.Sarana ini akan diperlengkapi dengan beberapa tenaga analis kesehatan beserta fasilitas penunjang lainnya langsung dari pusat,” tutur Bupati.

Diketahui, sebagaimana laporan Kadis Kesehatan Bolsel. Saipul Boututihe SKM, Dinkes akan mempersiapkan pengadaan sepeda motor sebanyak 4 unit dan mobil ambulans 3 unit.