Religi  

Gantilah Ucapan “Oyyyyy” dengan Assalamu’alaikum

DAERAH Kabupaten Bolaang Mongondow Raya (BMR) merupakan daerah yang mayoritas muslim, namun amalan satu ini belum begitu banyak dilakukan.

Padahal amalan ini begitu mulia. Yang mana mengucapkan dan menjawabnya, sama-sama mendapatkan pahala.
Apakah amalan itu? Ya, benar, amalan itu adalah salam (Assalamu’alaikum).

Di daerah kita tercinta ini, sudah tidak asing lagi, ketika orang dekat kita datang di rumah, atau di warung, kalimat yang akan diucapkannya adalah “oyyyy, ooyyyyy” jika belum ada yang menyahutnya, akan dia ulangi ” oyyyy, oyyyyyyy,  ba blii (mau beli, red)”.

Begitulah kira-kira yang terjadi kebanyakan. Dan ini  yang menjadi gambaran di Bolmong pada umumnya. Di Jawa misalnya, masuk rumah dengan ucapan “oyyy” seperti ini akan membuat orang merinding. Tapi lainya halnya dengan daerah kita ini, kalau ada yang salam di rumah, merinding orang rumah, karena dikira koperasi atau deptcolektor yang datang menagih. Hehe.

BACA JUGA :  Sahabat Bintang Lima

Dalam Islam Allah melarang kita ketika bertamu atau memasuki rumah orang dengan tidak mengucapkan salam. Seperti dalam firmannya :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ بُيُوتِكُمْ حَتَّىٰ تَسْتَأْنِسُوا وَتُسَلِّمُوا عَلَىٰ أَهْلِهَا ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.

-Surat An-Nur, Ayat 27

Begitu Agung dan mulianya agama Islam ini, nabi telah mengajarkan Halaman Selanjutnya