Gunung Berapi Membantu Mendinginkan Suhu Bumi Selama Perubahan Iklim, Ini Studinya

Gunung Berapi Membantu Mendinginkan Suhu Bumi Selama Perubahan Iklim(pixabay-doctor-a)

INDO MEDIA – Ketika kita mendengar letusan gunung berapi, yang dapat kita pikirkan hanyalah magma panas yang mendidih dengan segala sesuatu di sekitarnya menjadi terlalu panas untuk disentuh (secara harfiah).

Namun, sekarang sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan pemanasan global, kita bisa melihat lebih banyak gunung berapi meletus, dan itu sebenarnya akan memiliki efek pendinginan di planet bumi.

Dilansir dari Indiatimes.com, menurut sebuah studi oleh para peneliti dari University of Cambridge (diterbitkan di Nature Communications).

Studi ini menunjukkan bahwa gas rumah kaca akan membantu gumpalan yang berasal dari letusan besar mencapai lebih tinggi dan menyebar lebih cepat sambil memantulkan lebih banyak sinar matahari, menghasilkan lebih banyak pendinginan.

Jika Anda tidak tahu, ketika planet ini baru saja berubah menjadi layak huni bagi manusia, gunung berapi berlimpah dan mereka memiliki kontrol lebih besar atas suhu planet kita.

BACA JUGA :  Bappelitbangda Bolsel Rampungkan Evaluasi RKPD 2022, ini Tujuannya!

Selama jangka panjang mereka akan mengeluarkan CO2 dari interior Bumi yang menyebabkan pemanasan, namun untuk waktu yang singkat, mereka juga akan melepaskan gas belerang yang bercampur dengan air untuk membentuk sulfat yang menyebabkan planet menjadi dingin. Dan yang mengejutkan, iklim planet kita juga berdampak pada gunung berapi.

Para peneliti mensimulasikan respons terhadap gumpalan yang dilepaskan dari gunung berapi menengah dan besar selama kondisi historis dan pada tahun 2100 ketika pabrik kami diperkirakan akan menjadi sangat hangat.