Gunung Merapi Kembali Erupsi, 19 Desa di Magelang Diguyur Hujan Abu Vulkanik

Gunung Merapi Kembali Erupsi, 19 Desa di Magelang Diguyur Hujan Abu Vulkanik (Pixabay/tiburi)

INDO MEDIA – Gunung merapi kembali erupsi, dimana merapi memuntahkan awas panas guguran (APG) dengan jarak luncur hingga 2.500 meter ke barat daya pada selasa 10 agustus 2021 pukul 20.27 WIB.

Dilansir dari website resmi BNPB bnpb.go.id, hasil olah data sementara Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), awan panas guguran tersebut terekam di seismogram dengan aplitudo 55 milimeter dengan durasi 157 detik.

Peristiwa tersebut menunjukkan bahwa gunung merapi mengalami aktivitas yang sangat tinggi, dimana sebelumnya erupsi pernaj terjadi pada 8 agutus 2021.

Saat itu, awan panas guguran yang meluncur hingga 3.000 meter ke arah barat daya. Beberapa kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 2.000 meter juga terpantau menuju ke arah yang sama.

BACA JUGA :  Pemkab Bolsel Umumkan Hasil Sanggahan PPPK dan CPNS, Cek Disini

Baca Juga : PPKM Diperpanjang Lagi Hingga 23 Agustus 2021, Ini Info Lengkapnya

BPBD Kabupaten magelang melaporkan, bahwa APG tersebut mempiu terjadinya hujan abu tipis di 19 desa dan 7 kecamatan di magelang jawa tengah.

Dimana, meliputi Desa Paten dan Desa Sengi di Kecamatan Dukun, Desa Ketep dan Desa Wonolelo Kecamatan Sawangan, Desa Pakis, Desa Gejagan, Desa Rejosari, Desa Banyusidi, Desa Ketundan.