Hadiri Kegiatan di Sinombayuga, Bupati Perkenalkan Batik Baru Pengganti Sikayu

Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt

BOLSEL, IDM – Pusat pelayanan pemerintahan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), hari ini Jumat (24/01/2020), dipusatkan di Desa Sinombayuga, Kecamatan Posigadan.

Rangkaian kegiatan diawali dengan Program Ibadah Subuh Berjamaah (PISB), yang diikuti oleh seluruh ASN baik yang beragama Islam, Kristen/Katolik dan Hindu di tempat ibadah masing-masing.

Setelah PISB, dilanjutkan dengan kegiatan senam pagi, pelayanan kesehatan gratis, pembuatan KTP/KK, perpustakaan keliling, peresmian gedung Puskesmas. Selanjutnya bupati menghadiri pelantikan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Posigadan.

Dalam arahannya, bupati menyampaikan anggota BPD segera bekerja sesuai Permendagri Nomor 110 Tahun 2016, untuk menjalankan fungsi pengawasan dan legislasi di desa.

“Anggota BPD yang baru saja dilantik oleh camat Posigadan,  segera gelar pleno pemilihan ketua dan bersama-sama dengan Sangadi mengesahkan APBDes. Saya beraharap APBDes segera disahkan paling lambat tanggal 2 Februari  2020, agar supaya insentif untuk aparat desa dan imam/perangkat agama segera terbayarkan,” ujar bupati.

BACA JUGA :  Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19, Siap-siap Masyarakat Bolsel akan Divaksin

Bupati juga kembali berpesan kepada BPD untuk memusyawarahkan setiap persoalan dan jangan diekspos ke media sosial.

“Selain itu BPD dan sangadi maksimalkan potensi desa dalam meraup pendapatan melalui pemberdayaan Bumdes,” tutur bupati.

Terkait Pemilukada 2020, bupati mengajak BPD, sangadi dan masyarakat bersinerji dengan riang gembira menyambut pesta demokrasi tersebut.

Diketahui dalam momen yang sama, bupati meresmikan gedung dan pelayanan kesehatan di  Puskesmas Desa Sinombayuga. Selain itu, top eksektutif di daerah religius itu, memperkenalkan batik bentenan khas Bolsel, bercorak maleo dan mangrove, untuk mengganti batik sikayu yang biasa dipakai pada hari Jumat.

Turut hadir dalam kegiatan, jajaran Asisten Sekda, pejabat eselon, ASN, unsur Forkopimda, sangadi se-Kecamatan Posigadan dan warga masyarakat. [***]