Hadirkan Kanwil Kemenkumham Sulut, Pemkab Bolsel Sosialisasi HAM

Bolsel, IDM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Jumat (02/11/2018), pukul 08:00 WTIA, menggerla kegiatan sosialisasi Perlindungan Pemajuan dan Pemenuhan Hak Asasi Manusia, bertempat di Kantor Bapelitbangda.

Kegiatan yang turut dihadiri asisten Bupati dan para Pimpinan OPD tersebut, menghadirkan narasumber Reba Paputungan, Kepala Bidan (Kabid) HAM Kanwil Kemenkumham Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kabag Hukum Pemda Bolsel, Kadek Wijayanto menuturkan, dasar penyelenggaraan kegiatan tersebut yakni  Undang Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, serta Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2015 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia Tahun 2015-2020 .

“Adapun tujuan kegiatan ini untuk  menjunjung tinggi hak asasi
manusia dan kebebasan dasar manusia, sebagai hak yang secara kodrati melekat pada dan tidak terpisahkan dari manusia, yang harus dilindungi, dihormati, dan ditegakkan demi peningkatan martabat kemanusiaan, kesejahteraan, kebahagiaan, dan kecerdasan serta keadilan,” tutur Kadek.

BACA JUGA :  Staff Kedutaan Amerika Serikat Tinggalkan Afghanistan, Ini Penyebabnya

Sementara itu, Reba Paputungan dalam materinya menyampaikan bahwa HAM adalah anugerah dari Tuhan untuk setiap manusia agar hidupnya tetap terhormat.

“HAM  telah melekat pada setiap manusia, tanpa memandang latar belakang kehidupan,” tuturnya.

Dinamika perkembangan politik saat ini terutama isu HAM kata Reba selalu dijumpai di tengah masyarakat.

 

“Untuk itu kepada semua peserta saya berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik. Kaitan dengan produk hukum daerah,harus dan mutlak memperhatikan HAM. Begitu jika ada masaalah yang ditemui di masyarakat,maka kita harus mampu memberikan solusi, dengan memperhatikan aspek hak asasi manusia,” tandasnya. (cipto)