Ini Asal Usul Kue Pai Susu di Indonesia

Asal Usul Kue Pai Susu di Indonesia (pixabay-ponce_photography)

INDO MEDIA – Asal usul kue pai susu di Indonesia, ternyata bisa ditarik dari Hong Kong hingga ke penjajahnya, yaitu Inggris.

Dilansir dari twitter Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif @Kemenparekraf, Pai susu dari Hong Kong yang biasa dijajakan di kedai, menjadi pelengkap teh (cha); sebuah budaya yang diserap Hong Kong dari budaya ngeteh para penjajahnya.

Pai susu dari Hong Kong yang biasa dijajakan di kedai, menjadi pelengkap teh (cha), sebuah budaya yang Hong Kong serap dari budaya ngeteh para penjajahnya.

Sudah ada di cina dengan nama daahn taat (kanton) karena pengaruh inggris . Popularitasnya lalu menjalar ke Hong Kong dan mulai dijual di kedai teh Hong Kong (Cha chaan teng) hingga laris manis.

BACA JUGA :  Sinopsis Ikatan Cinta 10 September 2021, Meninggal Tertabrak Truk, Aldebaran Minta Selidiki Orang-Orang yang Kontak Dengan si Tukang Ojek

Seiring terjadinya persebaran penduduk dibarengi dengan akulturasi budaya. Kuliner ini pun turut menyebar di nusantara sebagai salah satu kuliner peranakan.

Di Indonesia, terkenal pie susu (pastei susu) yang berasal dari Bali. Berbeda dengan pastei pada umumnya, pie susu berukuran lebih kecil serta pinggirannya cenderung tipis dan kering sehingga dapat awet dalam waktu 5 hari dalam suhu ruangan. Di bagian tengah pie biasanya ditambahkan krim kuning atau selai.