Jalan Beton Gunung Potong Mataindo Dan Mataindo Utara Tahap Finishing

BOLSEL, IDM – Pembangunan Jalan Beton Gunung Potong, Desa Mataindo, dan Mataindo Utara,Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), yang merupakan program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), kini sudah memasuki tahap finishing.

“Saat ini pekerjaannya sudah mencapai volume kerja sekitar 70%,” terang Minarti Alikarang, Ketua Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Kecamatan Pinteng, yang juga selaku pelaksana kegiatan, Selasa (08/10/2019).

Disampaikan Minarti, pembangunan jalan tersebut telah dimulai sejak awal bulan juni 2019 lalu, dengan waktu pelaksanaan 90 hari kalender, atau dalam jangka waktu 3 (Tiga) bulan.

“Ditahap pertama, masih pada proses pembukaan jalan, kemudian lanjut pada proses katingan, penimbunan, serta pembuatan empat unit platdeker. Setelah selesai, kami masuk tahap dua, yaitu proses rabat beton dengan volume kerja hingga 50%, dan saat ini kami sudah masuk tahap finishing,” ujarnya.

BACA JUGA :  Masjid Baitul Makmur Motandoi Selatan Ditargetkan Digunakan Ramadhan

Ditambahkannya, tujuan dari pembangunan jalan tersebut, agar dapat menjadi jalan alternatif dari kedua Desa, yakni Mataindo, dan Mataindo Utara.

“Mengingat program pisew tidak bisa dimanfaatkan hanya pada kepentingan satu desa saja, tapi harus dimanfaatkan pada kepentingan dua desa,” katanya.

Sementra itu, dana pembangunan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Satuan Kerja Pengembangan Kawasan Pemukiman Provinsi Sulawesi Utara.

Adapun anggaran pembangunan jalan beton, memakan biaya sekitar Rp 600.000.000,- (Enam ratus juta rupiah), yang merupakan gabungan dana dari kedua desa, yakni Mataindo dan Mataindo Utara. Dimana dana masing-masing desa berjumlah Rp 300.000.000,- (Tiga ratus juta rupiah). [cipto]