Jaringan Internet Broatband Bakal Hadir di Pinteng dan Pintim

BOLSEL, IDM – Jaringan Internet Broatband bakal hadir di Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), dan Pinolosian Timur (Pintim), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Jaringan tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), yang rencananya mulai dioperasikan pada tahun 2020 mendatang.

Ini sebagaimana disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bolsel, melalui Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Persandian, Jefi Van Gobel, baru-baru ini.

” Kami sudah pastikan jaringannya akan siap tahun depan, kemungkinan pada triwulan dua jaringannya sudah dapat diakses dan dinikmati masyarakat,” terang Jefi.

Dia menuturkan, terkait dengan isu-isu bakal hadirnya layanan internet 4G di wilayah Pinteng, pihak Kominfo sudah sering mengusulkan ke provider Indosat dan Telkomsel, untuk mengadakan pemasangan jaringan internet di wilayah itu

Hanya saja kata dia, pihak provider, baik telkomsel ataupun indosat,  masih pada tahap melakukan pertimbangan-pertimbangan lebih lanjut, dan sampai saat ini belum juga ada kepastian kapan realisasinya.

BACA JUGA :  Komunitas Pemuda Pinteng Manfaatkan Ramadhan untuk Belajar Al-Quran

“Sampai saat ini belum ada kepastian,” tuturnya.

Dia menambahkan, meskipun begitu Kominfo tetap berusaha untuk melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait.

” Kalau untuk provider indosat, ada kemungkinan dalam waktu dekat ini, tapi kami belum bisa pastikan kapan,” akunya.

Perlu diketahui, sebelumnya masyarakat Bolsel, khususnya yang ada di Kecamatan Pinteng sudah sering mengeluhkan pelayanan jaringan  internet yang dinilai kurang maksimal.

Harto Podomi, salah satu warga Pinteng yang mengeluhkan buruknya koneksi internet yang ada di wilayah tersebut.

” Di Pinteng jangkauan jaringan, baik telepon ataupun internet tidak merata, bahkan ada desa yang tidak memiliki koneksi jaringan sama sekali, kalaupun ada, pasti lemot,” Pungkas Harto. 

 

Cipto Mokodompit