Kamaru Ajak Lestarikan Kearifan Lokal

Iskandar Kamaru

BOLSEL, IDM – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hi. Iskandar Kamaru S.Pt, mengajak untuk melestarikan kearifan lokal.

Hal ini sebagaimana disampaikan bupati, saat kegiatan Festival Tulude, di Desa Dumagin A, Kecamatan Pinolosian Timur (Pintim), Jumat (31/01/2020).

“Mari kita jaga dan lestarikan kearifan lokal. Sebab budaya adalah identitas bangsa dan salah satu unsur integritas dan identitas kita masyarakat Bolaang Mongondow Selatan,” ujar bupati.

Adanya Festival Tulude ini kata bupati, membuka mata kita bahwa Bolsel begitu kaya akan budaya.

“Ini membuktikan bahwa di ujung negeri inipun, kearifan lokal masih terus tumbuh dan lestari, dan mampu bertahan di tengah gempuran tren kekinian, yang lebih cenderung ke budaya bangsa lain,” ujar bupati.

BACA JUGA :  Paling Lambat Minggu ini, Bupati Bolsel Ingatkan Sangadi Segera Susun APBDes 2022

Khasanah kearifan lokal seperti ini kata bupati, perlu adanya konsistensi serta upaya yang sungguh-sungguh, dari semua stakeholder dan masyarakat, sebagai bentuk perwujudan atas usaha menjaga dan melestarikan peninggalan leluhur.

“Yang tentunya syarat akan nilai-bilai kemanusiaan, di tenah keberagamaan agama, suku, budaya serta adat istiadat,” tandas bupati. [***]