Keren, Botuliodu Terapkan Desa Digital

BOLSEL, IDM – Desa Botuliodu Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), saat ini telah mengembangkan konsep Desa Digital, dengan menyediakan Aplikasi Sistem Informasi Pemberkasan Administrasi Terhimpun, yang meliputi Informasi tentang Profil Desa, Surat Menyurat, Informasi APBDes, Data Penduduk.

Desa Digital atau Digital Village merupakan suatu konsep tentang pengembangan desa, dengan memanfaatkan sistem informasi berbasis teknologi baik dalam pelayanan publik maupun pengembangan kawasan, seperti infrastruktur, teknologi informasi, komunikasi, transportasi, dan Zonasi.

Desa digital diharapkan mampu untuk menurunkan biaya ( cost reduction ) dan meningkatkan pelayanan publik serta taraf hidup masyarakat desa.

Sangadi Botuliodu Ais Abdjul S Pdi, saat ditemui oleh Tim Diskominfo Bolsel, Rabu (04/03/2020) menjelaskan, melalui konsep Desa Digital diharapkan dapat meningkatkan kinerja atau layanan dengan menggunakan teknologi, desa akan lebih maju dan mandiri.

BACA JUGA :  PKK Desa Perjuangan Manfaatkan Halaman Rumah Jadi Taman Bunga

“Karena bukan lagi tergantung pada daerah bahkan pusat sehingga salah satu jalan adalah dengan memanfaatkan teknologi digital,” ujar Ais.

Diketahui Pembangunan Sistem Informasi Pemberkasan Administrasi Terhimpun serta fasilitas pendukung lainnya, dianggarkan melaui DDS Desa Botuliodu.

Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Goverment dan Statistik Diskominfo Bolsel, Ruslan Saleh S Kom sangat mengapresiasi terobosan Desa Botuliodu.

“Kami beraharap inovasi yang dilakukan Desa Botuliodu ini, dapat diterapkan juga di Desa-Desa Se-Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan,” tandasnya. [***]