Latsar Golongan II, Bupati Tekankan CPNS Bolsel Mengupgrade Diri

PELATIHAN Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan resmi digelar, Senin (10/02/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di Asrama Haji Tuminting ini, dihadiri Bupati Hi Iskandar Kamaru S Pt, yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Bolsel, Rikson Paputungan S Pd M Pd.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemkab Bolsel mengucapkan selamat kepada para peserta, yang telah memperoleh kesempatan untuk mengikuti Latsar CPNS, sebagai suatu syarat utama memasuki gerbang pengabdian sebagai aparatur pemerintah.

“Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, mengamanahkan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan dasar, sebagai syarat pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil,” terang bupati dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III, Rikson Paputungan.

Pelatihan dasar ini kata bupati, dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintah negara.

“Tantangan perkembangan birokrasi pemerintahan ke depan semakin kompleks, sehingga dibutuhkan suatu strategi pengembangan aparatur birokrasi yang profesional dan memiliki sumber daya manusia, yang memiliki integritas dan kompetensi di bidangnya,” ujar bupati.

Disamping itu kata bupati, perkembangan zaman yang begitu cepat, menuntut aparatur sipil negara untuk terus mengupgrade diri, mengembangkan kompetensi dan skill, apalagi saat ini sudah masuk pada era revolusi industri keempat atau 4.0 (four poin zero).

BACA JUGA :  Kamaru Inginkan Ada Pasar Modern di Bolsel

“Tuntutan masyarakat mengharapkan pelayanan publik menjadi lebih baik. Untuk itu aparatur negara diharapkan harus mampu mengantisipasi dan mengakomodasi perkembangan tersebut,” tegas bupati.

Lanjut bupati, salah satu bentuk komitmen Pemkab Bolsel terkait hal tersebut, mengacu pada aturan formal kepegawaian, yakni penyiapan SDM yang berkualitas, melalui berbagai bentuk diklat yang diantaranya adalah Latsar CPNS.

“Tentu saja, dibutuhkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. Bagi para peserta, ikutilah pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, penuh konsentrasi dan bertanggung jawab sehingga ilmu yang diberikan dapat diserap dengan baik, dan saudara dapat menjadi aparatur yang profesional dalam melaksanakan tugas dan memiliki produktifitas yang tinggi serta kualitas kinerja yang paripurna,” tandas bupati.

Diketahui kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemkab Bolsel melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bekerja sama dengan BKPSDM Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Hadir mendampingi Asisten III, Kaban BKPSDM Ahmadi Modeong, dan sejumlah Pimpinan OPD Pemkab Bolsel. [***]