Ragam  

Mampu Sembuhkan Patah Tulang Sejak Umur 17 Tahun

Ratman Mokodompis

BOLSEL, IDM Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), memiliki banyak keunikan. Selain pesona alamnya yang mampu memikat siapapun yang mendatangi daerah itu, wilayah yang memiliki garis pantai yang panjang nan eksotis tersebut, masih menyimpan sejuta hal fantastis, terutama berkaitan dengan  ilmu pengobatan tradisional.

Ini sebagaimana yang dimiliki oleh Ratman Mokodompis, warga Desa Adow Selatan, Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng).

Ratman Mokodompis

Lelaki kelahiran Desa Olot Kecamatan Bolangitang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), 68 tahun silam itu, meski tampak biasa, namun memiliki kelebihan ilmu pengobatan yang sudah terbukti menyembuhkan patah tulang bahkan remuk,yang mustahil lagi untuk disembuhkan.

Saat ditemui di kediamannya, baru-baru ini, Ratman yang kesehariannya biasa disapa Papa Ipan, menceritakan mula ia mengobati patah tulang, sejak berumur 17 tahun.

BACA JUGA :  Siap Terbitkan Empat Buku Sejarah Adat dan Budaya BMR, AMABOM Raya Gelar Rakor

“Pasien pertama dari Desa Olot, tempat kelahiran saya,” ujar Papa Ipan, coba mengenang pengalaman pertamanya menangani patah tulang.

Dikatakannya, hingga saat  ini, sudah banyak pasien yang sembuh.

“Bahkan yang tragis saya pernah menangani tulang paha yang remuk akibat terlindas alat berat. Alhamdulillah sejauh ini sudah banyak yang sembuh, baik itu anak kecil maupun orang dewasa. Saya sendiri hanya perantara, Tuhanlah penentu segala-galanya,”Jelas Papa Ipan.

Dia menambahkan, pengobatan tersebut semata-mata hanya untuk membantu sesama, tidak untuk dijadikan usaha komersil.

“Saya tidak pernah meminta tarif kepada pasien,  Insya Allah saya ikhlas. Kalau meminta tarif,  sudah pasti pasien tidak akan sembuh,” tandasnya. (cipto)