Mandi Safar, Bupati Bolsel Berbaur dengan Ribuan Masyarakat

BOLSEL, IDM – Bupati Hi Iskandar Kamaru S Pt, bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), berbaur dengan ribuan masyarakat di Kecamatan Tomini, untuk menggelar ritual budaya mandi Safar, yang dipusatkan sungai yang ada di Desa Nunuka Raya, Rabu (23/10/2019).

Mandi Safar yang merupakan budaya turun temurun yang terus dilestarikan masyarakat Bolsel, khususnya warga Kecamatan Tomini. Bupati dalam sambutannya mengatakan, ritual budaya ini nantinya akan menjadi agenda tahunan Pemkab Bolsel.

“Mandi Safar adalah budaya lokal yang nuansanya religi. Hari ini kita berdoa, semoga segala kesialan, keburukan, kejahatan selama satu tahun yang ada di diri kita masing – masing, akan diangkat dan dijauhkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala,” ujar bupati.

BACA JUGA :  BERKAH Bungkus Pinteng

Lanjutnya, mandi Safar ini juga bertujuan untuk menjauhkan segala marabahaya dan bencana sepanjang setahun kedepan.

“Kita doakan tidak ada bencana yang akan menimpa masyarakat yang ada di Bolsel. Juga kerukunan, kekeluargaan dan kebersamaan akan selalu menyertai kita semua,” harapnya.

Dikatakannya lagi, ritual budaya tahunan mandi Safar nanti akan dianggarkan lewat APBD.

“Mandi Safar ini akan terus dilestarikan dan dijadikan agenda tahunan. Kedepan akan digilir di setiap desa,” tandasnya. [***]