“Mopoinum” Tradisi Masyarakat Motoboi Kecil jelang Berbuka Puasa

Masyarakat Motoboi Kecil Saat menata Kue untuk Berbuka Puasa. [Foto: Hendratmo]

KOTAMOBAGU, IDM – Salah satu tradisi yang hingga kini masih melekat di tengah masyarakat Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan KOTAMOBAGU Selatan, khususnya pada bulan suci Ramadhan, Ialah “Mopoinum”,  yang dilakukan masyarakat menjelang berbuka puasa di masjid.

Kata Mopoinum Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia berarti “memberi minum”,  namun pada kenyataannya tidak hanya memberikan minuman berupa kopi, teh atau air mineral, tetapi berbagai macam kue pun disediakan.

Mira Paputungan masyarakat setempat mengatakan, tradisi ini sudah berjalan selama puluhan tahun.

“Setahu saya, Ini sudah menjadi tradisi setiap tahun saat bulan Ramadhan, jadwalnya pun sudah dibagi setiap harinya,” Tuturnya Jumat (24/05/2019).

Ia menambahkan, kue yang dibawa pun sesuai keikhlasan dari masing-masing warga.

BACA JUGA :  Bahagiaku dengan Ramadhan

“Tidak hanya Ibu-ibu, anak-anak pun datang untuk membawa makanan untuk berbuka puasa, dan biasanya tiap satu kepala rumah tangga, membawa berbagai macam jenis kue, mulai 5 hingga 15 buah sesuai keikhlasan,” Jelasnya.

Yanti Damopolii, warga setempat juga berharap tradisi ini akan terus dilestarikan.

“Saya rasa tradisi ini harus terus dilakukan, karena selain kita mendapat pahala ketika memberi makan untuk orang berpuasa, juga kita bisa mempererat tali silaturahmi antar Masyarakat yang ada di Kelurahan Motoboi Kecil ini,” Harapnya.

 

Hendratmo Damopolii