Pantai Tersakiti Pinolantungan Mulai Dikembangkan, Peletakkan Batu Pertama Dilakukan

BOLSEL, IDM – Bupati H Iskandar Kamaru SPt menghadiri acara Peletakan Batu Pertama, Proyek Pengembangan Obyek Sarana Prasarana Desa Wisata Pantai Tersakiti Desa Pinolantungan, Kecamatan Bolaang Uki, Jumat (23/07/2021).

Acara ini dihadiri langsung oleh Anggota Komisi V DPR-RI Dapil Sulut, H. Herson Mayulu SIP (H2M).

Dalam kesempatan ini, Bupati H. Iskandar Kamaru SPt menuturkan, program pengembangan sarana prasarana desa wisata ini, bertujuan untuk mewujudkan iklim pariwisata yang kondusif.

“Melalui pemberian stimulus untuk membangun dan menyediakan kebutuhan sarana prasarana desa, yang dapat berkontribusi terhadap peningkatan potensi desa,” ujar Bupati.

Untuk mendukung hal ini, sambung Bupati, Pemkab Bolsel telah mengklasifikasi desa-desa yang memiliki potensi wisata, salah satunya di Desa Pinolantungan.

“Di mana Pemkab telah melakukan pembangunan dan pengembangan desa wisata melalui APBD dan APBDes, yang tentunya belum maksimal. Tapi, Alhamdulillah saat ini Desa Pinolantungan telah mendapatkan bantuan dari APBN Kementerian Desa PDTT-RI atas aspirasi dari Anggota Komisi V DPR-RI, H. Herson Mayulu SIP,” terang Bupati.

BACA JUGA :  Bupati Tinjau Pembangunan Islamic Centre Bolsel

Alokasi Anggaran Desa Wisata yang direalisasikan oleh Kementerian Desa PDTT di Desa Pinolantungan adalah sebesar Rp.500.000.000, – yang ditujukan untuk pembangunan home stay, toilet umum dan jalan lingkungan yang baru.

Sementara itu, H2M berpesan agar dana aspirasi ini dimaksimalkan dan dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya.

“Karena ini adalah Program Padat Karya, di mana seluruh pekerjaan dilaksanakan sepenuhnya oleh masyarakat. Setelah pekerjaan rampung, diharapkan ini menjadi sumber pendapatan asli desa,”tandasnya.

Turut hadir Ketua DPRD Ir Ariffin Olii, Sekda Marzanzius A. Ohy, SSTP, MAP, para pimpinan perangkat daerah, Camat dan Sangadi serta para undangan lainnya.

 

 

Rhu Mokoagow