Pastikan Bukan Lulusan S1 ‘Bodong’, Cek Keaslian Ijazahmu  Di Sini!

Ilustrasi/Pexel-Gül Işık

INDO MEDIA Bagi para lulusan Sarjana Strata 1 atau S1, pastikan bahwa kamu benar-benar terdaftar dan tidak sebagai mahasiswa ‘Bodong’ dan pasti mengantongi ijazah asli.

Untuk mengecek apa benar terdaftar sebagai mahasiswa resmi, oleh Kemdikbud telah memberikan fasilitas, berupa kanal yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat, di pddikti.kemdikbud.go.id

Di laman tersebut, silakan ketikkan nama kamu dengan benar sesuai yang tertera di ijazah, maka akan muncul nama dan asal kampus. Itu berarti kamu resmi terdaftar dan bukan ‘Bodong’.

Halaman Pddikti untuk mengecek jika Mahasiswa terdaftar di Kemdikbud

Begitu juga dengan ijazah, bisa dicek keasliannya di SIVIL Kemdikdbud, melalui ijazah.kemdikbud.go.id.

Pada laman yang muncul, Nama Perguruan Tinggi, Nomor Ijazah dan isikan Angka Pengaman. Maka akan muncul nama lengkap, prodi, jenjang pendidikan, serta tahun lulus. tapi jika hasil verifikasi tidak ditemukan, maka keaslian ijazahmu patut dipertanyakan.

BACA JUGA :  Ini Peraih Nilai Tertinggi Tes SKD CPNS Bolsel
Halaman Sivil untuk mengecek apa Ijazah kita terdaftar atau tidak

Diketahui, sebagaimana yang tertera di laman SIVIL Kemdikbud, pengecekan keaslian ijazah dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 5478/A.P1/SE/2017 tentang Periode Awal Pelaporan PDDIKTI berlaku untuk:
1. Data Mahasiswa Program Studi Umum pada Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta dimulai bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2003/2004.
2. Data Mahasiswa Program Studi dan Perguruan Tinggi Keagamaan dimulai bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2009/2010.
3. Data Mahasiswa Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Lain dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian dimulai bagi mahasiswa baru tahun ajaran 2012/2013.