Pelajar SMPN Adow Olah Sampah Plastik Jadi Barang Kerajinan Tangan

BOLSEL, IDM – Kreatif, Siswa-siswi SMPN Adow, Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), manfaatkan Sampah plastik sebagai kerajinan tangan.

Sebagaimana pantauan, saat memasiki halaman Sekolah, kita akan langsung menyaksikan bola lampu dari bahan plastik yang tergantung tepatnya di depan ruang kantor,serta bunga plastik yang merupakan buah karya dari para siswa-siswi.

Dalam proses pembuatannya, para peserta didik dibimbing langsung oleh Jupwita Mamonto, sebagai guru mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Mereka menggunakan botol dan gelas air mineral sebagai bahan kerajinan tangan tersebut.

” Selaku guru, saya berusaha untuk selalu mengajarkan kepada anak-anak agar dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya segala sesuatu yang ada di sekitar kita, termasuk pemanfaatan sampah plastik ini,” ujar Jupwita, baru-baru ini.

Menurut Jupwita, sampah plastik yang banyak ditemukan hampir di setiap tempat tersebut, tidak melulu dimusnakan dengan cara dibakar. Akan tetapi masih ada cara lain yang lebih efektive dan efisien, misalnya dimanfaatkan sebagai satu bentuk kerajinan tangan.

BACA JUGA :  Sangadi Siap Tindaklanjuti Ishoma, Program Bupati Bolsel

” Ini kan lebih positif, selain bermanfaat sebagai pengurangan sampah plastik, ini juga akan merangsang kreativitas anak,” katanya.

Sementara itu, I Nenga Kusuma S Pd, selaku Kepala SMPN Adow, kepada media ini mengatakan, sangat mendukung adanya kerajinan tangan melalui sampah plastik tersebut.

” Inisiatif semacam ini yang sangat kami butuhkan,” tutur I Nengah.

Lanjutnya, ini merupakan langka awal bagi para peserta didik dalam proses menjadi manusia yang kreatif, inovatif, serta memiliki daya cipta.

” Dan merupakan tanggung jawab kami selaku lembaga edukasi,” tutupnya. [Cipto]