Pemkab Bolsel Gelar Bimtek Penyusunan APBDes Tahun 2019

PEMERINTAH Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2019, yang berbasis Siskeudes Versi 2.0, bertempat di Hotel Aryaduta Manado, Jumat (01/02/2019), pukul 20:00 WITA.

Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Bupati yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolsel, Marzanzius Arvan Ohy S STP.

Membacakan sambutan bupati, Arvan menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan tersebut, di mana diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas Aparatur Desa, dalam penyusunan APBDes, serta meningkatkan kemampuan teknis, dalam pengelolaan keuangan desa.

“Saya berharap ini menjadi motivasi, dan dapat meningkatkan pemahaman dalam pengelolaan keuangan, sehingga dapat menyajikan suatu proses pelayanan keuangan yang optimal dan paripurna,” tutur sekda.

Bupati juga kata sekda, menekankan terutama kepada sangadi dan BPD, agar senantiasa bekerja keras, serius dan bekerja sama, untuk segera menyelesaikan penyusunan dokumen setelah Bimtek ini selesai.

BACA JUGA :  Herson Ajak Doakan Korban Tambang Bakan

“Begitupun Dinas PMD dan Camat untuk dapat memberikan pendampingan dan pengawalan. Juga dalam prosesnya untuk dapat memberdayakan tenaga pendamping professional,” tegasnya.

Dijelaskannya, tahun ini banyak kegiatan  yang pada tahun sebelumnya dianggarkan melalui ABPD Kabupaten Bolsel, sudah menjadi tanggung jawab desa.

“Pembayaran honor guru TK/PAUD,  Guru Sekolah Minggu, Insentif Iman dan Pegawai Syar’i, serta Lembaga Adat sudah menjadi tanggung jawab desa,” terang sekda.

Dalam kesempatan tersebut juga diingatkan kepada SKPD dan Desa untuk tetap mengedepankan program prioritas daerah.

“Program RTLH dan Pembangunan Jamban Keluarga harus tetap menjadi prioritas. Sehingga tahun 2021, Bolsel keluar dari angka kemiskinan,” tandasnya.

Diketahui hadir pada kegiatan tersebut, Asisten I Setdakab Bolsel, Alsyafri Kadullah, Kadis PMD Decky Paputungan, serta Sangadi dan Perangkat Desa se- Kabupaten Bolsel. (cipto)