Perdana! Desa Torosik Gelar Upacara Adat Tulude, Sangadi Torosik Disambut Tarian Masamper

Upacara Tulude, Sangadi Torosik Disambut Tarian Masamper

INDO MEDIA – Upacara Adat Tulude, perdana digelar di Desa Torosik, Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Selasa, 31 Januari 2023, pukul 15:00 Wita.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dusun III, Desa Torosik, yang mayoritas merupakan warga asal kepulauan Nusa Utara.

Sangadi Torosik, Novitasari Mokoagow AMd Keb, dalam sambutannya memberikan apresiasi atas dilaksanakannya acara adat Tulude tersebut.

“Saya memberikan apresiasi kepada masyarakat Dusun III, yang dengan penuh semangat melaksanakan acara ini. Adat Tulude adalah salah satu kearifan lokal yang harus dilestarikan,” ujar Sangadi.

Sangadi Torosik, Novitasari Mokoagow, AMd, Keb. (F:Indomedia.news)

Disamping itu, Sangadi Torosik juga mengaku bangga dengan grup Masamper Dusun III, sebagai satu-satunya di Kecamatan Pinteng.

“Grup Masamper Dusun III ini, sudah banyak membawa nama harum Desa Torosik. Tentunya ini menjadi perhatian khusus bagi kami selaku pemerintah desa,” tutur Sangadi.

BACA JUGA :  Kabar Gembira! Desa di Bolsel Bakal Nikmati Layanan Internet, Diskominfo Usulkan 88 Titik

Sementara itu, Kepala Dusun III Torosik, Ade Barents Sanggelorang, mengungkapkan, upacara adat Tulude adalah acara sakral, yang dilakukan sebagai wujud ungkapan syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Meninggalkan hal-hal yang buruk di tahun sebelumnya dan menyongsong harapan baru di depan.

“Mari kita maknai perayaan ini, sebagai ungkapan syukur, dengan harapan lebih baik lagi ke depan, dan juga menjadi wahana kebersamaan dan persaudaraan, yang mengisyaratkan bahwa kita semua ini merupakan suatu kesatuan masyarakat Bolsel,yang menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan,” ujar Ade sapaan akrabnya.

Kepala Dusun III Torosik, Ade Barents Sanggelorang

Dirinya juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Dusun III, Sangadi Torosik dan jajaran pemerintahan desa, yang telah turut serta menyukseskan kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini murni swadaya masyarakat, yang diharapkan dapat terus dilakukan di tahun-tahun mendatang,” tandasnya.