Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana, Enam Hal ini yang Disampaikan Wabup Deddy Abdul Hamid

BOLSEL, IDM – Wakil Bupati (Wabup) Deddy Abdul Hamid, memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), yang dilaksanakan di Lapangan Futsal Alun-alun Molibagu, Rabu (21/04/2021).

Apel yang digelar serentak di seluruh wilayah Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini, dilaksanakan sebagai upaya pencegahan dan peningkatan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrim yang diprediksi dapat menyebabkan terjadinya bencana alam.

Wabup Deddy Abdul Hamid dalam arahannya menyebut Hydrometeorologi merupakan bencana alam yang terjadi karena dampak kerusakan lingkungan.

“Di mana ketika hujan lebat yang cukup lama bisa berakibat banjir, banjir bandang, dan tanah longsor seperti yang terjadi di Bolsel Tahun lalu,” terangnya.

Oleh karena itu Wabup menegaskan ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian bersama, yaitu :

  1. Siapkan mental dan fisik. Pastikan personil serta kelengkapan peralatan SAR telah memadai.
  2. Lakukan deteksi dini dengan memetakan wilayah rawan bencana.
  3. Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas dilapangan.
  4. Laksanakan sosialisasi yang maksimal kepada seluruh lapisan masyarakat atas bahaya dan resiko serta langkah evakuasi saat terjadi bencana.
  5. Mantapkan kerja sama serta solidaritas dan sinergitas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan tugas mitigasi ini..
  6. Tetap laksanakan dan patuhi protokol kesehatan.
BACA JUGA :  KUBE Lestari Torosik Mulai Operasikan Pertamini

Dalam kesempatan ini, Wabup juga menyerahkan hibah 1 unit mobil operasional Toyota Hilux dobel kabin kepada Polres Bolsel.

Turut hadir Sekda Marzanzius A. Ohy SSTP, Forkopimda, personil TNI/Polri, pimpinan perangkat daerah dan ASN Pemkab Bolsel.

 

 

Rhu Mokoagow