Ragam  

Program H2M, Camat Pinteng Pantau Langsung Kegiatan Petani Cabai

BOLSEL, IDM –  Bersama Penyuluh Pertanian, Camat Pinolosian Tengah (Pinteng) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sahrin Mohama S Sos, memantau langsung kegiatan Petani Cabai di Desa Adow Selatan, Selasa (19/03/2019).

Kegiatan tersebut kata Sahrin, merupakan agenda rutin  camat dengan program Hari-Hari Menyapa  masyarkat (H2M).

“Petani yang dikunjungi ini yakni Bapak Junaidi Makalag, termasuk salah satu petani cabai yang sukses dengan hasil panennya yang melimpah. Kegiatan ini juga bertujuan agar terjalin hubungan yang baik antara pemerintah kecamatan dan warga masyarakat,” tutur Sahrin.

Camat berharap, apa yang dilakukan Junaidi Makalalag menjadi contoh dan dapat memotivasi masyarakat lain.

“Sebagai pemerintah wilayah kami juga berharap, agar penyuluh pertanian yang ada di Kecamatan Pinteng selalu memberikan bimbingan dan pendampingan kepada para petani,” tandas camat.

BACA JUGA :  Berikut Keberuntungan 6 Zodiak ini, Menurut Ramalan Horoscope Minggu 19 September 2021

Diketahui Junaidi Makalalag mulai menanam cabai Desember 2018, dengan jumlah tanaman sebanyak 3.250 pohon, menggunakan mulsa plastik.

Panennya yang pertama ini, dilakukan bertahap sebanyak enam kali. Di mana pada tahap pertama harga cabe turun drastis 12.500 dan panen kedua baru naik 16.500 per kilogramnya.

“Panen tahap pertama 50 kg x 12.500, tahap kedua 150kg dengan harga 16.500, panen ketiga 300kg dengan harga  25 ribu, panen keempat  dan kelima masing-masing 400kg harga 30 ribu,  kemudian panen tahap keenam 350 kg dengan hrga per kilonya 35 ribu. Total untuk panen perdana ini sebanyak 1.650 kilogram,” terang Junaidi.

 

Liputan Cipto Mokodompit