Program KUBE Diharapkan Meminimalisir Angka Kemiskinan

Ma'muman Daeng Patompo

BOLSEL, IDM –  Kepala (Dinas Sosial) (Dinsos), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Hartati Mohune, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Ma’muman Daeng Patompo S Pd, berharap, Kelompok Usaha Bersama (KUBE), dapat mengurangi angka kemiskinan di daerah.

” Dengan adanya pemberdayaan kelompok KUBE, diharapkan akan menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Bolsel,” harap Patompo, Kamis (03/10/2019).

Diketahui, sebelumnya ada sekitar 40 (Empat puluh) Kelompok KUBE yang berada di Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), dan Pinolosian Timur (Pintim), masing-masing telah mencairkan dana sejumlah Rp 20.000.000,- (Dua puluh juta rupiah) secara serentak pada, Rabu (25/09/2019) lalu.

Sementara itu, dana KUBE sendiri,bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui dana dekon Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yang selanjutnya dicairkan kepada masing-masing kelompok KUBE.

BACA JUGA :  Dilaksanakan Via Online, Pemkab Bolsel Sukses Gelar Tahapan Musrenbang RKPD 2021

Dikatakan salah satu Pendamping KUBE, Iswanto Podomi, dana yang telah dicairkan itu, akan digunakan sepenuhnya untuk usaha yang diajukan melalui proposal oleh masing-masing kelompok KUBE.

“Saat ini, tiap-tiap kelompok sudah memasuki tahap pembelanjaan barang-barang pokok,” ujar Wanto sapaan akrabnya.

Lanjut Wanto, dirinya dan pendamping-pendamping yang lain, tentunya akan terus mendampingi aktivitas kelompok, baik dari segi pengarahan, sampai dengan evaluasi kinerja kelompok.

” Intinya kita akan terus lakukan pendampingan, agar usaha dari masing-masing kekompok nantinya akan berhasil,” terangnya.

Iswanto juga menegaskan, bagi tiap-tiap kelompok, agar supaya  menggunakan dana yang senilai Rp 20 juta tersebut, sepenuhnya untuk usaha bersama sebagaimana propisal yang telah diajukan.

“Harus digunakan sebagaimana mestinya. Nanti kan hasilnya,kembalinya untuk kelompok juga,” tutup Wanto. [cipto]