Puluhan Rumah di Kecamatan Pinteng Terendam Banjir, Ini Info Lengkapnya

Puluhan Rumah di Kecamatan Pinteng Terendam Banjir, Ini Info Lengkapnya. (indomedia.news/king)

INDO MEDIA –   Curah hujan yang tinggi, mengakibatkan air sungai meluap di sejumlah titik yang ada di Kecamatan Pinolosian Tengah (Pinteng), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Senin 18 Juli 2022.

Bahkan puluhan rumah di tiga desa yang ada di kecamatan tersebut, terendam banjir.
Disampaikan Camat Pinteng, Oni Podomi SE, tiga desa yang terdampak banjir yakni Mataindo, Tobayagan dan Tobayagan Selatan.

“Dari pantauan kami di lapangan, Tobayagan ada sekitar 27 rumah yang terendam banjir, Tobayagan Selatan 11 rumah dan Mataindo 13 rumah,” terang camat.

Ditambahkannya, bagi warga, camat juga mengingatkan untuk selalu waspada, khususnya yang tinggal di daerah bantaran sungai.

“Selain itu waspada juga tanah longsor,” ujar camat.

Terkait hal ini, Camat Pinteng menuturkan  telah menyampaikan ke BPBD dan Dinas Sosial.

BACA JUGA :  Menyambut Tahun Baru Islam, Ini Hukum Puasa di Bulan Muharram
Rumah yang terendam banjir di Mataindo. (Indomedia.News/King)


“Secara lisan sudah melapor ke dua instasi itu, namun secara prosedural nanti akan disampaikan tertulis,” ujar camat.

Terpisah, Kepala BPBD Bolsel, melalui  Analis Kebencanaan, Bidang pencegahan dan Kesiapsiagaan, Reni Irlan Lakuhati, menuturkan, msih menunggu laporan dari desa.

“Koordinasi tetap jalan, terlebih kita memiliki grup Tim Reaksi Cepat (TRC), di mana di dalamnya ada camat dan sangadi. Namun tim BPBD, juga telah turun ke desa-desa, untuk mendata berapa rumah yang terdampak, untuk kepentingan selanjutnya,” tandasnya.

Pantauan itensitas air naik, pasca hujan Minggu malam, hingga Senin 18 Juli 2022, pagi harinya. Namun pukul 11:00 WITA, air sudah mulai surut. Meski demikian, warga pun sudah bersiap dengan kemungkinan air akan naik lagi, mengingat musim penghujan saat ini.