Rektor IAIN Ternate Resmi Buka KKN Kolaborasi Nusantara di Halmahera Barat

Rektor IAIN Ternate saat memberikan sambutan dan membuka resmi KKN Kolaborasi

INDO MEDIA Rektor IAIN Ternate, Dr. Radjiman Ismail, M. Pd, resmi membuka kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama di Halmahera Barat, Jumat 18 Agustus 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium IAIN Ternate, pukul 08.30 WIT ini, mengangkat tema, “Memperkuat Kehidupan Sosial, Budaya, dan Ekonomi di Maluku Utara”.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Ternate menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi dampak nyata kepada masyarakat di Halmahera Barat.

“Diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmunya yang diperoleh di bangku kuliah ke masyarakatnya,” ujar Rektor.

Dirinya juga memberi apresiasi kepada fasilitator narasumber dan pendamping mahasiswa, yang turut mempersamai mahasiswa dalam setiap sesi kegiatan.

Setelah selesai pembukaan, dilanjutkan dengan sesi sambutan para pendamping lapangan dari masing-masing utusan kampus.

Kesempatan pertama, diberikan kepada IAIN Ternate sebagai tuan rumah yang diwakili Ketua Ketua LP2M IAIN Ternate, Dr. Muhammad Zein, M. Pd.

Dalam sambutannya menyampaikan, KKN Kolaborasi Nusantara akan berlangsung selama 40 hari, dan hasil KKN akan ada ekspos hasil pengabdian pada akhir pelaksanaan penarikan.

BACA JUGA :  Spoiler Ikatan Cinta 9 Agustus 2021, Elsa Bebas dari Penjara?

Pada kesempatan yang sama, Ketua LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. Achmad Zain, M. A. menyampaikan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama UIN Sunan Ampel dengan IAIN Ternate.

Sementara itu, Wakil Dekan III Fakultas Syariah IAIN Gorontalo sebagai pendamping, Dr. Rulyjanto Podungge, M. HI. menyampaikan hendaknya dalam kegiatan KKN ini, mahasiswa dapat menjaga marwah institusi di tengah-tengah masyarakat di lokasi pengabdian.

Kesempatan terakhir diberikan kepada pendamping mahasiswa dari IAIN Manado, Dr. Hadirman, M. Hum. (Kapus Penelitian dan Penerbitan).

Dalam sambutannya, menekankan empat aspek kecerdasan lapangan, yang harus dimiliki mahasiswa KKN Kolaborasi Nusantara, yakni kecerdasan intelektual, spritual, emosional, dan sosial.

Selain itu, penting juga untuk bersosialisasi dan menyesuaikan diri dengan budaya setempat dan mengikuti secara aktif materi yang diberikan fasilitator/narasumber (Dr. Agus, dan tim dari UIN Sunan Ampel Surabaya).